Home Berita Penjabat Wali Kota Parepare Akbar Ali Beri Kuliah Umum

Penjabat Wali Kota Parepare Akbar Ali Beri Kuliah Umum

Setelah membawa kuliah umum di Institut Teknologi BJ Habibie (ITH), kini Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali diundang menjadi narasumber dalam kuliah umum di Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada (IAS) Parepare

by Administrator

KELASTER.COM – Setelah membawa kuliah umum di Institut Teknologi BJ Habibie (ITH), kini Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali diundang menjadi narasumber dalam kuliah umum di Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada (IAS) Parepare, Kamis (16/5/2024).

Akbar Ali membawakan kuliah umum bertema Peran Kepala Daerah Dalam Menyongsong Pemilukada Tahun 2024.

Hadir Rektor IAS Prof Dr Bakhtiar Tijjang beserta sivitas akademika, dan ratusan mahasiswa IAS peserta kuliah umum.

Akbar Ali di hadapan peserta kuliah umum mengemukakan, bahwa dalam setiap kebijakan pemerintahan, memiliki dasar, dan melibatkan banyak pihak termasuk kampus dan akademisi.

Dalam kesempatan itu, Akbar Ali memperkenalkan tiga pembagian urusan pemerintahan. Dalam setiap pemerintahan itu harus menjunjung tinggi Urusan Absolute, Urusan Konkuren dan Urusan Pemerintahan Umum.

“Tentunya pembagian-pembagian urusan pemerintahan ini harus berdasar pada kondisi dan wilayah yang ada di daerah, termasuk bagaimana urusan tersebut berdampak pada kemajuan daerah,” ulas Akbar Ali.

Dia menekankan, urusan-urusan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab ASN yang harus memahami, tapi juga seluruh masyarakat. Sehingga dalam pelaksanaan pemerintahan dapat berjalan sesuai dengan aturan, dan mendapat pengawasan dari masyarakat.

Di penghujung kuliah umum, Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri ini berharap generasi muda khususnya mahasiswa IAS dapat menjadi penggerak pemerintahan di masa datang.

“Adik-adik mahasiswa adalah calon-calon pemimpin masa depan. Tidak tertutup kemungkinan ada mahasiswa lulusan IAS ke depan menjadi pemimpin di Kota Parepare, baik di eksekutif maupun legislatif,” tandas Akbar Ali. (Adv/**)

Related Articles