Home Berita Mahasiswa KKN Prestasi Unhas Gelar Program PHBS di SD Inpres Kera-Kera

Mahasiswa KKN Prestasi Unhas Gelar Program PHBS di SD Inpres Kera-Kera

Mahasiswa KKN Prestasi Unhas Gelar Program PHBS di SD Inpres Kera-Kera

by Saleh

Kelaster-Makassar :Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Prestasi Universitas Hasanuddin Gelombang 112 sukses melaksanakan program kerja “Belajar Bersama SD Inpres Kera-Kera Mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS): Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)”. Kegiatan ini menyasar siswa kelas 3 SD Inpres Kera-Kera yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Tamalanrea Indah, Makassar, Sabtu 27 Juli 2024.

Acara dimulai dengan penjelasan umum tentang pengertian dan manfaat PHBS, indikator PHBS di sekolah, pengertian CTPS, pentingnya CTPS, waktu yang tepat untuk CTPS, dan diakhiri dengan sesi bernyanyi bersama mengenai langkah-langkah cara mencuci tangan pakai sabun yang benar.

Setelah itu, para siswa langsung mempraktikkan cuci tangan pakai sabun di depan kelas dengan menggunakan wastafel yang telah disediakan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa mengenai pentingnya penerapan PHBS di sekolah guna mengurangi risiko terjadinya penyakit akibat penyebaran kuman dari lingkungan yang tidak bersih dan sehat.

Sebanyak 23 siswa kelas 3A dan seorang guru wali kelas 3A turut hadir dalam acara ini. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan, terutama pada sesi tanya jawab yang memberikan reward bagi yang berhasil menjawab dengan benar. Mereka juga merasa senang saat melakukan praktik langsung mencuci tangan dengan air dan sabun di depan kelas.

Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, mahasiswa KKN telah mendiskusikan program kerja tersebut dengan Ibu Kepala UPT SPF SD Inpres Kera-Kera. Program ini diterima dan diapresiasi dengan baik, mengingat kegiatan ini juga sejalan dengan program wajib di sekolah. Harapannya, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Dosen Pendamping KKN, Abdullah Sanusi PhD, memberikan komentar terkait kegiatan ini.

“Program PHBS yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN ini sangat relevan dan bermanfaat bagi para siswa. Saya sangat mengapresiasi inisiatif dan kerja keras para mahasiswa dalam menyukseskan program ini. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujarnya. (rilis/rmd/ilo)

Related Articles