Disdag Luncurkan Aplikasi Pemetaan Distribusi LPG dan SPBU Berbasis SIG, Cegah Kelangkaan

0
436

Disdag Luncurkan Aplikasi Pemetaan Distribusi LPG dan SPBU Berbasis SIG, Cegah Kelangkaan

KELASTER.COM, PAREPARE — Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Parepare memastikan tak ada lagi kelangkaan LPG dan BBM terjadi.

Hal itu sehubungan dengan hadirnya aplikasi pemetaan distribusi LPG dan SPBU berbasis sistem Informasi geografis (SIG).

Kehadiran aplikasi inovasi dari Disdag Parepare bekerjasama Stasiun Bumi Penginderaan Jauh LAPAN Parepare tersebut, ditandai dengan adanya pelatihan penggunaan aplikasi yang dihadiri operator Disdag Parepare, Sales Branch Manager (SBM) IV Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara (Sulseltra) juga para agen, PT H Awal Sejahtera, PT Hj Salmah dan PT Hana Sejati, di Stasiun Bumi Penginderaan Jauh LAPAN Parepare, Selasa, (27/10/2020).

Kabid Perdagangan, Ady Zulkifli mengatakan aplikasi tersebut bertujuan untuk mengetahui seluruh titik pangkalan di Kota Parepare. Hal itu katanya memudahkan memetakan daerah mana yang mengalami kelangkaan LPG khususnya.

“Selama ini yang mengetahui semua titik tersebut hanyalah pihak agen. Dengan adanya aplikasi ini, nantinya jika ada kelangkaan, kita bisa mengetahui di mana lokasinya,”jelasnya.

Disdag lanjutnya juga memiliki nomor aduan masyarakat. Melalui aduan tersebut masyarakat bisa melaporkan daerah yang mengalami kelangkaan LPG.

“Jadi, jika ada kelangkaan di suatu pangkalan, kita akan koordinasi dengan agen. Kemudian untuk masyarakat diarahkan ke pangkalan yang memiliki banyak stok,” katanya.

Ady berharap dengan aplikasi ini, pertanyaan atas kelangkaan yang pernah terjadi di Parepare dapat segera terjawab dan tak ada lagi kelangkaan yang terjadi melihat kuota perhari untuk tiga agen sebanyak lebih dari 5600 LPG.

“Apabila ada laporan masuk bahwa terjadi kelangkaan di titik mana, kami bisa tangani dengan cepat kedepannya,”pungkasnya.(dil)

About The Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here