Rabu, Februari 28, 2024
Beranda Berita DPRD Parepare Bahas Program Kerja Pemerintah Kota Parepare 2024

DPRD Parepare Bahas Program Kerja Pemerintah Kota Parepare 2024

KELASTER.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melaksanakan Rapat Paripurna, dipimpin Ketua DPRD Parepare, Kaharuddin Kadir di DPRD Parepare, Selasa (21/11/2023).
Rapat paripurna kali ini tengah menggodok rancangan program dan kegiatan daerah pada 2024 mendatang. Rancangan APBD Pokok 2024 saat ini tengah dibahas di Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Parepare.
Rencananya, anggaran proyek fisik pada APBD 2024 dikurangi. Artinya, anggaran fisik yang sebelumnya dialokasikan untuk proyek pembangunan infrastruktur dialihkan untuk memperkuat sektor-sektor yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.
DPRD Parepare kini melaksanakan rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi tentang Ranperda APBD 2024. Sekaligus dilanjutkan dengan paripurna dengan agenda jawaban Wali Kota atas pandangan umum fraksi-fraksi.
Dalam pandangan umum fraksi, enam fraksi di DPRD menyatakan setuju Ranperda APBD  untuk dibahas pada tingkat selanjutnya.
Usai paripurna, Ketua DPRD Kaharuddin Kadir mengatakan, Rancangan APBD di 2024 berfokus kepada kesejahteraan masyarakat. Itu karena untuk APBD 2024, persentase belanja langsung dan tidak langsung porsinya tidak sebanyak tahun lalu.
Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali pada tahun depan berfokus kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Prinsipnya kalau fisik di Parepare sudah cukup pembangunan yang dilakukan Wali Kota sebelumnya. Sehingga, penekanannya di 2024 untuk kesejahteraan hidup masyarakat,” kata Kaharuddin Kadir.
Dia menjelaskan, DPRD bersama Pemkot telah menggelar rapat paripurna pandangan umum fraksi-fraksi terhadap ranperda APBD 2024. Termasuk mendengar jawaban wali Kota atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda APBD 2024 dan rapat banggar.
Kaharuddin mengungkapkan, rencananya APBD Pokok 2024 akan disetujui bersama pada 28 November 2023.
“Lima hari ini, kita intens cermati Ranperda APBD ini. Kamis, Sabtu hingga Minggu, dan hari Senin pekan  penyelesaiannya. Kita mau menyelesaikan semuanya tanggal 27. Dan tanggal 28 kita sudah bisa ketuk palu,” ungkap Ketua Harian Partai Golkar Parepare ini.
Dia menekankan, banyak hal yang perlu dicermati dalam pembahasan Ranperda APBD 2024.
“Banyak yang harus kita cermati, setelah Banggar ke Komisi, ke Banggar lalu finalisasi. Eksekutif juga telah memberikan banyak informasi kalau ada perubahan, sehingga mempermudah kita. Sekira informasi dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah akan mempelancar untuk menyelesaikan pembahasan Ranperda APBD ini,” tandas Kaharuddin. (adv).
Sumber : artikelnews

About The Author

- Advertisment -

Postingan Populer

Pemkot Serahkan Rancangan Awal RPJPD 2025-2045 ke DPRD Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE - Pemkot Parepare menyerahkan rancangan awal rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 ke DPRD. Penyerahan itu dilakukan melalui rapat paripurna...

FKPPM Gelar Milad dan Pengukuhan, Pj Wali Kota Akbar Ali Ajak Pengurus Bersinergi dengan Pemkot Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE - Forum Kominikasi Putra Putri Mandar (FKPPM) menggelar acara Milad ke-6 Tahun. Acara dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus FKPPM periode 2024-2027, dan peringatan Isra...

WASPADA Akun PJ Walikota Parepare Di Retas

KELASTER.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kominfo Kota Parepare mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak cepat terpengaruh dengan adanya akun akun yang...

PJ Walikota Makassar Ikut Sambut Kuker Presiden Jokowi Di Makassar

KELASTER.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali ikut menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo di Kota Makassar, Kamis 22 Februari 2024. Akbar bersama sejumlah...

Komisi I DPRD Parepare Kunjungi Bawaslu dan KPU Cek Polemik PSU di Dapil I Bacukiki Barat

KELASTER.COM,PAREPARE – Menindaklanjuti polemik terkait hasil pemilu di daerah pemilihan I Bacukiki Barat, yang berujung pada Pemilu Suara Ulang (Psu). Ketua Komisi I DPRD...

List Komentar