Rabu, Februari 28, 2024
Beranda Berita DPRD PAREPARE BAHAS PERDA PEKERJA MIGRAN

DPRD PAREPARE BAHAS PERDA PEKERJA MIGRAN

KELASTER.COM- Untuk memberikan perlindungan bagi pekerja migran di masa mendatang, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parepare akan menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait tindak pidana perdagangan orang, juga dikenal sebagai TPPO.
Wakil Ketua II DPRD Parepare, M Rahmat Sjamsu Alam, mengatakan kepada detikSulsel, “Terkait dengan TPPO ini merupakan usulan salah satu dinas yakni Disnaker untuk masuk menjadi Prolegda (program legislasi daerah).”

Rahmat mengatakan bahwa Kota Parepare memiliki Pelabuhan Nusantara sebagai jalan keluar dan masuk. Melalui pelabuhan ini, orang-orang dapat pergi ke Kalimantan dan kemudian ke Malaysia.
Ini menunjukkan bahwa Parepare memiliki pelabuhan yang memungkinkan orang untuk pergi ke Kalimantan dan kemudian ke Malaysia. Selain itu, dia menyatakan bahwa untuk melindungi pekerja, Perda terkait TPPO akan dibuat karena kondisi ini dianggap rawan terjadi.

Parepare kata Rahmat juga memiliki kantor Imigrasi yang mencakup wilayah sekitar atau Ajatappareng. Sehingga bisa ikut membantu untuk proses identifikasi warga atau pekerja yang akan keluar masuk.

“Di sini ada Imigrasi juga yang bisa melakukan identifikasi. Di sini banyak singgah orang asing juga kan sehingga itu tadi kita butuh aturan untuk melindungi warga terutama yang pekerja migran itu,” paparnya.

Berdasarkan pengalaman, lanjut Rahmat, di Parepare juga sudah pernah ada kejadian terjadinya kasus TPPO. Makanya menurut dia kebutuhan untuk adanya Perda TPPO ini sudah dianggap penting.

Kejadian sebelumnya (kasus TPPO) terjadi, menurut penjelasan dari dinas terkait yang mengusulkan. Karena itu, saya pikir ini sudah penting untuk dibuat,” katanya.
Rahmat mengatakan bahwa penelitian akademis yang lebih mendalam tentang beban Ranperda TPPO akan dilakukan di masa depan. Untuk saat ini, itu masih menjadi Prolegda.
Dia menambahkan, “Tentu ada kajian dan tahapan sebelum dibahas lebih lanjut dan ditetapkan menjadi Perda, jadi baru namanya saja Ranperda.”

About The Author

- Advertisment -

Postingan Populer

Pemkot Serahkan Rancangan Awal RPJPD 2025-2045 ke DPRD Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE - Pemkot Parepare menyerahkan rancangan awal rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 ke DPRD. Penyerahan itu dilakukan melalui rapat paripurna...

FKPPM Gelar Milad dan Pengukuhan, Pj Wali Kota Akbar Ali Ajak Pengurus Bersinergi dengan Pemkot Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE - Forum Kominikasi Putra Putri Mandar (FKPPM) menggelar acara Milad ke-6 Tahun. Acara dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus FKPPM periode 2024-2027, dan peringatan Isra...

WASPADA Akun PJ Walikota Parepare Di Retas

KELASTER.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kominfo Kota Parepare mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak cepat terpengaruh dengan adanya akun akun yang...

PJ Walikota Makassar Ikut Sambut Kuker Presiden Jokowi Di Makassar

KELASTER.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali ikut menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo di Kota Makassar, Kamis 22 Februari 2024. Akbar bersama sejumlah...

Komisi I DPRD Parepare Kunjungi Bawaslu dan KPU Cek Polemik PSU di Dapil I Bacukiki Barat

KELASTER.COM,PAREPARE – Menindaklanjuti polemik terkait hasil pemilu di daerah pemilihan I Bacukiki Barat, yang berujung pada Pemilu Suara Ulang (Psu). Ketua Komisi I DPRD...

List Komentar