GUMSB Virtual Bahas Permasalahan Zina dan Solusinya Dalam Al-Quran

0
1042

KELASTER.COM,MAKASSAR – Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Gerakan Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB). GUMSB kali ini merupakan kegiatan akhir Semester Awal 2020/2021, dan akan dilanjutkan kembali pada Semester Akhir 2020/2021 mendatang. Fakultas Ilmu Budaya (FIB) bertindak sebagai panitia penyelenggara. Agenda rutin setiap pekan ini berlangsung mulai pukul 16.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (15/12).

Mengawali kegiatan, Wakil Dekan Bidang Akademik FIB Unhas Prof. Dr. Fathu Rahman, M.Hum., menuturkan GUMSB menjadi gerakan yang sangat efektif sebagai media untuk mengingatkan sivitas akademika Unhas maupun masyarakat terhadap ajaran Sang Pencipta ditengah kesibukan dunia.

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan, M.Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan program GUMSB menjadi salah satu sarana pengembangan pengetahuan religius.

Meskipun ditengah pandemi Covid-19, Prof Arsunan menuturkan program ini tetap jalan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Pandemi tidak membatasi kegiatan seperti ini. Apalagi dilaksanakan secara virtual sebagai bentuk penerapan protokol Covid-19.

“Program ini akan kembali dilanjutkan pada semester mendatang. Untuk mahasiswa yang aktif mengikuti, akan mendapatkan sertifikat yang dapat dimanfaatkan sebagai pendamping ijazah,” kata Prof. Arsunan.

Pada kesempatan yang sama, hadir sebagai narasumber untuk mengisi sesi ceramah islamiah yakni usth. Hj. Amrah Kasim, Lc., MA., yang menjelaskan materi tentang “Permasalahan Zina dan Solusinya Dalam Al-Quran”.

Hj. Amrah menjelaskan mengenai perzinahan dalam Q.S An-Nur. Makna yang terkandung pada ayat tersebut wajib untuk dipelajari dan diamalkan. Hal ini tentunya akan memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait perzinahan yang sangat dilarang oleh Allah Swt. Untuk itu, pentingnya mengetahui hukum perzinahan sebagai pengingat guna menghindari hal yang tidak sesuai dengan ajaran Allah Swt.

GUMSB ditutup dengan sambutan Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Beliau mengapresiasi kegiatan rutin dapat terus berjalan meskipun ditengah pandemi. Prof. Dwia berharap agenda tiap pekan ini akan semakin mengokohkan iman dan taqwa sivitas akademika Unhas secara khusus dan masyarakat secara umum.

“Hadirnya Gerakan Unhas Mengaji dan Shalat Berjamaah ini menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang lebih baik kedepan, sehingga kita dapat terhindar dari hal-hal yang menjerumuskan,” kata Prof. Dwia.

Kegiatan yang dipandu oleh Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si., (Ketua GUMSB) selaku moderator dan diikuti kurang lebih 500 peserta berlangsung lancar hingga menjelang shalat Maghrib.(*)

About The Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here