Juara 1 Lomba Video Pendek Bawaslu Diraih SMK 2 Pinrang

0
669

KELASTER.COM, PINRANG – SMK Negeri 2 Kabupaten Pinrang sukses menjuarai Lomba Video Pendek yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pinrang.

Pengumuman pemenang lomba sekaligus penyerahan hadiah berlangsung di kantor Bawaslu Pinrang, Sabtu (15/8/2020).

Pada momen ini, penutupan kegiatan lomba video pendek dirangkaikan pemotongan tumpeng dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-2 Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia yang jatuh pada hari ini.

Sebagai apresiasi kepada seluruh siswa yang ikut terlibat dalam pembuatan video pendek, Bawaslu Kabupaten Pinrang memberikan masing-masing sertifikat penghargaan kepada 17 sekolah yang ikut berpartisipasi di kegiatan ini.

Kegiatan ini dihadiri Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Drs. Saiful Jihad, M.Ag., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Baharuddin Iskandar, S.Pd.,M.Pd., Kepala Dinas Infokom Kabupaten Pinrang Zainal Hafid, M.Si, serta Komisioner KPU Kabupaten Pinrang.

Pimpinan Bawaslu Sulsel Saiful Jihad mengaku bangga melihat generasi milenial di Kabupaten Pinrang yang sudah bisa memahami arti demokrasi, yang diimplementasikan dalam video pendek hasil karya sendiri.

“Kegiatan ini menurut saya sangat penting, bagian dalam upaya memaknai demokrasi. Meski masih SMA/SMK akan tetapi sudah paham akan hakekat demokrasi itu. Bahwa demokrasi itu adalah di satu sisi bisa dimaknai sebagai perwujudan dari kedaulatan rakyat, bahwa rakyat itu yang berdaulat. Dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat, itulah demokrasi,” kata Saiful.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Pinrang Ruslan Wadud mengajak semua siswa/siswi peserta lomba untuk tetap berkoordinasi dengan Bawaslu Pinrang menyangkut kepemiluan.

“Kami harap kepada seluruh siswa/siswi yang ikut berpartisipasi tetap berkoordinasi dengan kami dan tetap selalu mengunjungi media sosial kami, karena disitu banyak informasi tentang kepemiluan,” ucap Ruslan.

Lomba video pendek yang diselenggarakan Bawaslu Pinrang adalah bentuk sosialisasi partisipatif yang dikemas dalam bentuk video pendek dengan mengangkat beberapa tema yang berhubungan dengan pemilu. Juga bertujuan memberikan pendidikan politik kepada para pemilih pemula yang masih duduk di bangku sekolah.

Kegiatan ini merupakan inisiatif Bawaslu Pinrang dan satu-satunya dilakukan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulsel yang diapresiasi Bawaslu RI. Video yang dihasilkan sudah di atas 3000 subscriber.

Lomba diikuti siswa SMK/SMK se-kabupaten Pinrang. Peserta lomba dibagi dalam 22 tim yang masing-masing wajib membuat video kreatif berdurasi 6 menit dengan tema “meningkatkatkan partisipasi pengawasan pemilu”.

Pembuatan video dimulai 27 Juli hingga 3 Agustus 2020. Setelah itu video masing-masing peserta di share ke Website Bawaslu Pinrang dan terakhir ditutup Rabu (12/8/2020) pukul 24.00.

Para pemenang lomba video pendek berhak atas hadiah berupa uang pembinaan, tropi, piagam, kaos Bawaslu, dan piala bergilir Bawaslu bagi Juara 1.

Adapun urutan pemenang lomba video pendek Bawaslu Pinrang antara lain, Juara 1 (SMK 2 Pinrang), Juara 2 (SMA 1 Pinrang), Juara 3 (SMA 7 Pinrang), Juara Harapan 1 (SMA 8 Lembang), Juara Harapan 2 (SMA 11 Pinrang), Juara Harapan 3 (SMA 3 Pinrang), Juara Inspiratif (SLB Pinrang), Viewers terbanyak (SMA 1 Pinrang), dan Subscribe terbanyak (SMK 2 pinrang). (msl)

About The Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here