Selasa, Februari 27, 2024
Beranda Berita Kolaborasi dengan Pertamina, DLH Parepare Kembangkan Kebun Raya Jompie

Kolaborasi dengan Pertamina, DLH Parepare Kembangkan Kebun Raya Jompie

PAREPARE, KELASTER.COM — Kebun Raya Jompie Parepare punya terobosan baru. Lewat bantuan Pertamina, kebun raya Jompie bisa diakses lewat website dan aplikasi. Selain itu, ratusan tanaman endemik bakal dipasang barcode.

Saat ini, Pertamina dan Kebun Raya Jompie memulai dengan melatih timnya untuk meluncurkan inovasi tersebut. Website dan aplikasi itu bakal jadi media promosi untuk menarik wisatawan.

“Pelatihan website dan aplikasi ini kami di-support penuh Pertamina. Website ini akan digunakan kebun Raya Jompie untuk menyebarluaskan informasi seputar Jompie. Sekaligus sebagai alat untuk mempromosikan kebun raya Jompie ke masyarakat luas,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Parepare Budi Rusdi, Rabu (25/5/2022).

Budi mengatakan inovasi itu sebagai upaya menarik pengunjung ke kebun raya Jompie. Sehingga, targetnya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) bisa tercapai.

“Pertamina melihat kebun raya Jompie perlu dilakukan berbagai upaya untuk mempromosikan Jompie ke masyarakat luas. Sehingga, kalau banyak pengunjung yang masuk, maka PAD juga akan semakin meningkat,” ungkap dia.

Selanjutnya, kata dia, segera dipasang barcode untuk 100 tanaman endemik. Tujuannya, agar pengunjung bisa mengakses informasi seputar tanaman endemik Sulsel yang ada di Kebun Raya Jompie Parepare.

Budi bilang inovasi barcode tanaman endemik adalah yang pertama kali di Sulsel. “Dari tiga kebun raya di Sulsel, kita (Kebun Raya Jompie) yang pertama pakai barcode,” ungkapnya.

Feul Terminal Pertamina Parepare Tony Kurniawan mengungkapkan alasannya memilih membantu pengembangan kebun raya Jompie. Salah satunya, karena tertarik dengan pelestarian tanaman endemik.

- Advertisement -

Selain itu, kata Tony, Pertamina juga tertarik dengan pengembangan digitalisasi. Menurutnya, promosi lewat sistem digitalisasi akan lebih muda mengembangkan pelestarian alam.

“Kita berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan Pemda. Di Jompie ini, kita dapat informasi ada beberapa tanaman endemik asli Sulsel. Kita tahu, Jompie ini kebun kota merupakan salah satu kebun kota. Di Sulsel, kebun raya sedikit masih terawat dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, kolaborasi Pertamina dan Pemkot Parepare ingin mengembangkan kebun raya Jompie dari beberapa aspek. Antara lain, pendidikan dan peningkatan pendapatan daerah

“Dengan ini berkembang otomatis ini akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Pertamina akan puas jika bisa ikut membantu perkembangan masyarakat sekitar. Kita juga bisa mempromosikan Pertamina melalui Jompie,” pungkasnya.

Di tengah waktu pelatihan, peserta dan pihak Pertamina berkeliling di kebun raya Jompie. Sejumlah spot dan jenis tanaman diperkenalkan. Dalam waktu dekat Pertamina juga akan menggelar lomba foto di Kebun Raya Jompie. (adv)

About The Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Postingan Populer

Peduli Kesehatan Warga Parepare Mudah dan Gratis, Pj Wali Kota Akbar Ali Bersama BPJS Kesehatan Teken MoU Kerja Sama UHC

PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus memperkuat sinergitas dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan. Salah satunya, dengan...

RUDY NAJAMUDDIN RESES, PAREPARE PECAH

Kelaster.Com - Parepare, 16 Januari 2024. Anggota DPRD yg juga merupakan Ketua Komisi I DPRD Kota Parepare melaksanakan reses kurang lebih 1200  konstituen Hadir...

Instruksi Langsung Pj Wali Kota Akbar Ali, Pemkot Parepare Gelar Kerja Bakti

PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare kembali menggelar Kerja Bakti pada sejumlah titik di Kota Parepare, Jumat, 12 Januari 2023. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota...

Jembatan Akbar Diresmikan Langsung Pj Gubernur Sulsel, Makna Penamaannya Begini

PAREPARE - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin telah meresmikan bangunan jembatan di wilayah Lumpue, Kecamatan Bacukiki. Peresmiannya disaksikan oleh sejumlah pejabat daerah termasuk Penjabat...

3 Organisasi Mahasiswa Wakili Unhas di Ajang Abdidaya Ormawa 2023

Universitas Hasanuddin berhasil meloloskan tiga tim pada ajang Abdidaya Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tahun 2023. Kompetisi ini berlangsung di Universitas Jember 7-9 Desember 2023. Abdidaya Ormawa...

List Komentar