Rabu, Februari 28, 2024
Beranda Berita Mahasiswa Unhas Sabet Juara 1 di BSI ELITE Competition 2023

Mahasiswa Unhas Sabet Juara 1 di BSI ELITE Competition 2023

KELASTER.COM, Makassar – Emar Mukimah dan Afifah Salsabila, 2 mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Universitas Hasanuddin berhasil menyabet juara satu pada final kejuaraan English Language and Literature (ELITE) Competition 2023. Final kompetisi yang merupakan kegiatan tahunan jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UIN Alauddin Makassar ini berlangsung secara online yang diikuti oleh lima finalis yang lolos dari babak penyisihan. Ketiga mahasiswa tersebut masing-masing berhasil membawa pulang hadiah berupa tropi dan uang tunai sebesar Rp. 1.250.000,.
Adapun alur perlombaan yakni; peserta News Anchor diminta mengirimkan video, selanjutnya panitia melakukan seleksi setelah itu ditetapkan 5 peserta terbaik yang berhak mengikuti tahapan final yang berlangsung secara hybrid.

Sementara peserta Narrative Essay hanya melalui satu tahapan penilaian karya saja. Namun segala penilaian dilakukan dengan sistem blind review dimana para dewan juri hanya menilai karya secara objektif tanpa mengetahui siapa dan dari mana penulisnya.
“Ini merupakan kali ketiga event Elite Competition. Berbeda dari sebelumnya, kali ini, Elite Competition membuka dua item lomba yaitu News Anchor dan Narrative Essay. Skala pesertanya pun untuk tahun ini ditingkatkan. Bila sebelumnya, skala lokal, dimana hanya diikuti mahasiswa di kota Makassar saja, menjadi event nasional yang pesertanya dari berbagai perguruan tinggi baik PTN/PTS yang ada di Indonesia,” kata Ketua Panitia ELITE Competition 2023, Ahmad S.S. M. Litt, disela-sela ajang final ELITE Competition 2023 di Hotel Alauddin, Makassar.
Di tahun 2021 dan 2022, BSI menggelar event serupa dengan item lomba speech and writing, story telling dan academic writing. Untuk tahun ini, event kemahasiswaan BSI FAH UIN Alauddin Makassar digelar mulai 21 Oktober hingga 11 November 2023. Kegiatan berskala nasional ini diikuti mahasiswa dari luar UIN Alauddin seperti dari Unhas, UIN Thaha Syaifuddin Jambi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Buton, Universitas Islam Indragiri, IAIN Pontianak, STAIN Majene Sulawesi Barat dan Politeknik Tonggak Equator.
Menurut dosen pengampu Mata Kuliah Children Literature ini, terdapat 62 peserta dari berbagai universitas yang berpartisipasi pada kegiatan ini sejak pendaftaran dibuka pada 21 Oktober 2023. Namun yang mengirimkan karya hanya 54 peserta untuk mengikuti dua item lomba yang disiapkan panitia kegiatan kompetisi tersebut. “Kebanyakan peserta mendaftar lomba Narrative Essay,” tegas alumni S2 salah satu Universitas di Inggris ini.
Adapun Dewan juri pada kedua item lomba terdiri dari Dosen BSI UIN Alauddin, praktisi News Anchor TVRI Nasional Jakarta, dan Wartawan Kompas.
Sementara itu, Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora Sandra Dewi Dahlan S.Pd., MA menjelaskan event ELITE Competition 2023 mengangkat tema Nurturing Nationality in Diversity. “Berpijak dari tema tersebut output yang diharapkan dari event ini, mahasiswa dapat menunjukkan bakat dan mengaplikasikan kemampuan public speaking dan writing mereka dalam bahasa dan sastra Inggris.,” kata alumni S2 American Studies UGM ini.
Diharapkan pula, melalui ajang kompetisi serupa lanjutnya, mahasiswa memiliki rasa percaya diri untuk tampil di depan umum baik dalam lingkup perkuliahan maupun nanti saat terjun ke masyakat selepas bangku kuliah. (*)
Pemenang Lomba
a) News Anchor
4. Nabila Turizka Balqis- Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
3. Ikhsan Irsandi – Uin Alauddin Makassar
2. Wildan Dinussalam- Universitas Hasanuddin
1. Afifah Salsabilah – Universitas Hasanuddin

Narrative Essay:
4. Multilingualism And Communication Oleh Ahmad Syamsuri – Uin Alauddin Makassar
3. The Wall of Language Oleh Aisyah Ramadhani Hasan – B LIA Yogyakarta
2. Tolerance In Religious Diversity: The Story of Building a Mosque in Simbuang Mappak, Tana Toraja” Oleh Wardianto Pabisa – Universitas Hasanuddin
1. The Same Heart, Different Faith: An Adventure of Tolerance in Tana Toraja Oleh Emar Mokimar -Universitas Hasanuddin

About The Author

- Advertisment -

Postingan Populer

Pemkot Serahkan Rancangan Awal RPJPD 2025-2045 ke DPRD Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE - Pemkot Parepare menyerahkan rancangan awal rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 ke DPRD. Penyerahan itu dilakukan melalui rapat paripurna...

FKPPM Gelar Milad dan Pengukuhan, Pj Wali Kota Akbar Ali Ajak Pengurus Bersinergi dengan Pemkot Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE - Forum Kominikasi Putra Putri Mandar (FKPPM) menggelar acara Milad ke-6 Tahun. Acara dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus FKPPM periode 2024-2027, dan peringatan Isra...

WASPADA Akun PJ Walikota Parepare Di Retas

KELASTER.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kominfo Kota Parepare mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak cepat terpengaruh dengan adanya akun akun yang...

PJ Walikota Makassar Ikut Sambut Kuker Presiden Jokowi Di Makassar

KELASTER.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali ikut menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo di Kota Makassar, Kamis 22 Februari 2024. Akbar bersama sejumlah...

Komisi I DPRD Parepare Kunjungi Bawaslu dan KPU Cek Polemik PSU di Dapil I Bacukiki Barat

KELASTER.COM,PAREPARE – Menindaklanjuti polemik terkait hasil pemilu di daerah pemilihan I Bacukiki Barat, yang berujung pada Pemilu Suara Ulang (Psu). Ketua Komisi I DPRD...

List Komentar