Home Berita Pemkot Parepare Siap Dukung Pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh 2024

Pemkot Parepare Siap Dukung Pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh 2024

by Saleh

PAREPARE, KELASTER.COM — Pemerintah Kota Parepare bersama Tim Pusat Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), Kementerian PUPR selesai melaksanakan Coaching Clinic National Slum Upgrading Project (NSUP) Program KOTAKU Kota Parepare Tahun 2023.

Coaching Clinic ini untuk persiapan DAK Integrasi 2024 dan Skala Kawasan Prioritas yang kali ini menyasar empat Kelurahan di Parepare, yakni Ujung Bulu, Cappa Galung, Sumpang Minangae, dan Kampung Baru.

Coaching Clinic yang berlangsung dua hari, 16-17 Maret 2023, ditutup resmi oleh Sekretaris Bappeda Kota Parepare, Zulkarnaen Nasrun yang mewakili Plt Kepala Bappeda Parepare, Eko W Ariyadi, di Hotel Bukit Kenari, Parepare, Jumat, 17 Maret 2023.

Zulkarnaen mengatakan, Program KOTAKU ini adalah kebutuhan, sehingga pastinya Pemkot Parepare siap mendukung untuk kesuksesan program ini. “Karena itu kami minta kepada SKPD terkait dan stakeholder terkait lainnya segera lengkapi segala kebutuhan demi kelancaran Program KOTAKU di Parepare,” pinta Zulkarnaen.

Sebelumnya saat pembukaan, hadir Advisory Program KOTAKU, Dikdik Herdiana, dan narasumber dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Eng Abdul Rachman Rasyid.

Plt Kepala Bappeda Parepare, Eko W Ariyadi yang membuka kegiatan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas pencapaian tujuan Program Kota Tanpa Kumuh dan keberlanjutan penyelenggaraan penataan permukiman yang berkelanjutan.

“Jadi Coaching Clinic ini membahas penyusunan dokumen perencanaan berupa Master Plan, Site Plan dan Memorandum Program penataan permukiman kumuh Skala
Kawasan Karajae. Dan Pembahasan Readness Criteria atau Penyusunan Executive Summary DAK Integrasi Tahun Anggaran 2024 di Kelurahan Ujung Bulu dan Kelurahan Cappa Galung,” terang Eko yang juga Asisten III Setdako Parepare.

Kegiatan diikuti Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun, Subkoordinator Pengembangan Wilayah dan SDA, A Talhayanti, Subkoordinator Infrastruktur Perkotaan Abdul Muis, Subkoordinator Air Minum dan Sanitasi Aswin.

Kemudian menjadi peserta SKPD teknis terkait di antaranya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Parepare, Dinas Perkimtan Parepare. Kelurahan terkait di antaranya Lurah Ujung Bulu, Lurah Cappa Galung, Lurah Sumpang Minangae, dan Lurah Kampung Baru.

Turut menjadi peserta, PAM Tirta Karajae Parepare, Ketua KPP Sumpang Minangae, Ketua LKM Cappa Galung, Korkot Program KOTAKU, Askot UP Program KOTAKU, Askot Infrastruktur Program KOTAKU, Askot Safeguard Program KOTAKU, dan Askot Kolaborasi Program KOTAKU. (advertorial)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment