Home Berita Pengelola Jurnal FAH UIN Alauddin Ikut Workshop Akselerasi Jurnal Internasional Bereputasi

Pengelola Jurnal FAH UIN Alauddin Ikut Workshop Akselerasi Jurnal Internasional Bereputasi

by Saleh

KELASTER.COM – Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menggelar Workshop Akselerasi Jurnal Internasional Bereputasi untuk meningkatkan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, di Maxone Hotel Makassar pada Senin-Selasa, (27-28/112023).
Acara ini dihadiri oleh pengelola jurnal Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) bersama 60 pengelola jurnal se-UIN Alauddin Makassar. Pengelola jurnal FAH yang ikut adalah Dr. Nasrum, S.Pd, M.A mewakili jurnal Adabiyah, Khaerunnisa Nuur, S.S, M.Pd.I mewakili jurnal Diwan, Ahmad, S.S, M.Litt mewakili jurnal Elite, Mastanning, S.Hum, M.Hum mewakili jurnal Al-Hikmah, Ahmad Habib Akramullah, S.Hum mewakili jurnal Rihlah. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Bapak Prof. Dr. Muhammad Khalifah Mustami, M. Pd. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa diharapkan ke depan ada sekitar 1-3 jurnal di UIN Alauddin Makassar yang terindeks Scopus. “Kita berharap akan ada 1-3 jurnal, bahkan semuanya kalau bisa terindeks Scopus.”Ungkapnya.
Selain dihadiri pejabat UIN Alauddin Makassar, workshop yang diadakan LP2M tersebut menghadirkan pemateri ahli dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, ibu Siti Mutrofin, S. Kom., M. Kom. Beliau telah banyak membantu rumah jurnal di seluruh Indonesia untuk terindeks scopus. Ibu Siti Mutrofin memberikan penjelasan dengan ilustrasi langsung beberapa contoh jurnal yang telah dibimbingnya. Misalnya, al-Istinbah IAIN Curup dan Teknomekanik dari Universitas Padang yang telah terindeks scopus.
Beliau menambahkan, ada beberapa syarat utama sebuah jurnal terindeks scopus seperti minimal jurnal yang diterbitkan berbahasa Inggris dan terkait beberapa isu penting. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada banyak jurnal-jurnal di UIN Alauddin Makassar yang dapat terindeks ke Scopus.
Pada hari ke dua workshop, panitia menghadirkan pemateri dari Universitas Negeri Makassar (UNM) Andi Anto Patak, S.Pd, M.Pd, Ph.D. Andi membawakan materi dengan judul “Tips dan Trik Penulisan Artikel Terindeks Scopus”. Artikel yang bisa lolos di Jurnal terindeks Scopus harus memenuhi beberapa syarat antara lain: memiliki kebaruan (Novelty), dalam pendahuluan disebutkan tujuan penelitian dan batasan masalah, dalam pembahasan tidak menyebutkan kembali hasil penelitian, dalam memaparkan kesimpulan tidak menggunakan poin-poin (numbering). Tutup alumni UTM Malaysia ini.

About The Author

Related Articles