Rabu, Juli 28, 2021
Beranda Berita Pentingnya Budaya Membaca, PTPN XIV Rutin Adakan Bedah Buku

Pentingnya Budaya Membaca, PTPN XIV Rutin Adakan Bedah Buku

MAKASSAR, 14 Juli 2021*,–Membaca belum menjadi kebiasaan yang tumbuh dalam keseharian masyarakat Indonesia, berdasarkan survey Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2018 Indonesia menduduki posisi bawah dalam kategori membaca di 79 Negara. Tak jauh berbeda dengan kondisi di PT Perkebunan Nusantara XIV dimana budaya membaca buku mulai terkikis seiring perkembangan teknologi dan media sosial.

Berawal dari diskusi SEVP Business Support, Ahmad Diponegoro, dan Kasubag Pengembangan SDM, Galih Ariprayugo, terbentuklah program kegiatan Bedah Buku oleh BOD-2 Kantor Direksi.

“Didasari minat membaca karyawan/ti PTPN XIV yang tergolong relatif rendah ditambah kesibukan karyawan dalam bekerja sehari-hari menjadikan kita lupa untuk eksplorasi kemampuan diri, membuka dan menambah pengetahuan, sehingga untuk memacu hal tersebut terbentuklah program bedah buku BOD-2 Kantor Direksi.” ungkap Kasubag Pengembangan SDM, Galih Ariprayugo.

Program Bedah Buku BOD-2 Kantor Direksi dilaksanakan secara virtual. Para BOD-2 atau kepala subbagian diajak untuk dapat berbagi/sharing pengetahuan dari buku yang telah mereka baca di hadapan Dewan Manajemen dan seluruh karyawan/karyawati PTPN XIV. Kasubag bebas memilih tema/judul buku yang mereka sukai untuk di bedah, mulai dari buku bertema kepemimpinan/leadership, bisnis/strategi, autobiografi tokoh nasional/internasional, sosial, budaya, agama, corporate values dan buku terkait bidang kerja masing-masing.

Pelaksanaan bedah buku rutin dilaksanakan pada hari Jum’at yang dimulai dengan pembukaan oleh presenter, presentasi bedah buku selama ±20 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Melalui kegiatan ini secara otomatis juga akan meningkatkan kualitas BOD-2 melalui membaca dan presentasi di depan umum.

Sasaran kegiatan bedah buku untuk meningkatkan minat baca seluruh karyawan. Tak lain dimotori dengan BOD-2 diharapkan dapat menginisiasi seluruh level karyawan untuk terbiasa dengan program membaca. Kegiatan ini tidak menutup kemungkinan dengan meningkatnya antusiasme peserta acara program Bedah Buku ini tidak tebatas untuk BOD-2 Kantor Direksi namun untuk BOD-2 Seluruh Unit Usaha bahkan untuk setiap level karyawan.

“Program Bedah Buku juga bertujuan untuk meningkatkan KPI Perusahaan yaitu Jam Pelatihan Karyawan. Dengan Presentasi buku akan menambah pengetahuan para karyawan,” ujarnya.

Semoga kedepan Insan PTPN XIV terbiasa dengan budaya membaca buku. Sebab, Buku Adalah Jendela Dunia, dan kegiatan membaca merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Postingan Populer

Komisi 3 DPRD Parepare, kita akan teruskan ke pemerintah kota Hasil RDP dengan warga Pasar Senggol

KELASTER.COM,PAREPARE - Kondisi Pandemi Covid-19 belum berakhir di Indonesia termasuk Kota Parepare yang sampai saat ini masih dirasakan disemua sektor. Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat...

KKN UNHAS MANGGALA 4 GEL. 106 “PENYULUHAN MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR DI TPA BORONG, KECAMATAN MANGGALA

KELASTER.COM,MAKASSAR - Kuliah kerja nyata Universitas Hasanuddin gel. 106 wilayah manggala melakukan edukasi terkait cara menyikat gigi yang baik dan benar. Edukasi ini dilakukan di...

mahasiswa KKN Unhas Gel-106 posko Manggala 4 lakukan sterilasisasi masjid Al Ashri Antang

KELASTER.COM,MAKASSAR - Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia yang dimulai pada awal tahun 2020, memiliki dampak yang signifikan salah satunya pada sektor keagamaan. Melihat...

Siap-Siap Keputusan Perpanjangan PPKM di Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE -- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Parepare dikabarkan bakal diperpanjang. Hal tersebut dikatakan Staff Pengelola Data Tim Penegakan Hukum (Gakkum) Protokol...

ODGJ yang Berkeliaran di Lasiming Diamankan Petugas

KELASTER.COM, PAREPARE -- Petugas Satpol PP Parepare kembali mengamankan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Dalam pengamanan tersebut, bersama Dinas Sosial Kota Parepare, Petugas keamanan menindaklanjuti...

List Komentar