Home Berita Turut Ramaikan MPP Masiga, KPPN Parepare Optimalkan Pelayanan

Turut Ramaikan MPP Masiga, KPPN Parepare Optimalkan Pelayanan

by Saleh

KELASTER.COM Gedung, tinggi, dingin, lapak, bersih, pengunjung, dan lain-lain. Meja, kursi, banner, konter, papan nama, lift, tangga, masjid, recepsionis dan lain-lain. Seperti layaknya sebuah Mall perbelanjaan, lengkap lapak-lapak dengan segala atributnya, beginilah suasana Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga di Kabupaten Barru. Sebuah Gedung berlantai 6 yang dibangun khusus untuk memberikan pelayanan publik kepada stakeholder.
Berada di lingkup Kantor Bupati Barru, jalan Poros Makassar-Parepare sekitar 100 kilometer dari Kota Makassar menuju kearah utara, Gedung MPP Masiga terlihat begitu megah layaknya Mall Perbelanjaan. MPP Masiga dibangun pada tahun 2019 dan diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo pada 20 Februari 2020.
Gedung yang mulai dioperasikan pada tanggal 29 Januari 2020 ini, berisikan 22 lapak yang dihuni oleh 22 instansi pemerintah pusat dan daerah. Ke-22 instansi pemerintah itu antara lain: Kementerian Keuangan yang diwakili oleh KPPN Parepare, Kejaksaan Negeri Barru, PLN, PDAM, Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil. Kantor Pertanahan Barru, Kantor Samsat, dan lain-lain.
Jumat, 1 Juli 2022 terlihat dari pintu utama, pengunjung begitu ramai. Begitu pula tempat parkir yang luas hampir tidak mampu menampung parkir para tamu yang hendak memanfaatkan layanan Mal Pelayanan Publik ini. MPP Masiga, beroperasi setiap hari sebagaimana jam kerja masing-masing perkantoran. Bertugas di fornt office area mal ini adalah dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, dan Satpol PP. Untuk informasi seputar pelayanan di MPP ini bisa menghubungi FO tersebut, termasuk jika kesulitan menggunakan jaringan informasi akan dibantu dengan pemberian link Wifi dari Kominfo.
Salah satu loket di MPP Masiga adalah Kementerian Keuangan yang diwakili oleh KPPN Parepare. Saat di konfirmasi, mengapa KPPN Parepare membuka loket pelayanan di Kabupaten Barru, dijelaskan oleh petugas Noor Since bahwa Kabupaten Barru merupakan salah satu wilayah kerja KPPN Parepare. Sehingga dalam maksimalisasi pelayanan dibutuhkan layanan cepat, tepat dan dekat.
“Kita harus memberi pelayanan optimal dan terbaik. Jika optimalisasi layanan harus mendekatkan diri ke stakeholder, ya..pasti harus kita upayakan. Karna, Kabupaten Barru ini merupakan salah satu kabupaten lingkup kerja KPPN Parepare “. Jelas Noor Since yang sehari-hari sebagai Kepala Seksi Bank di KPPN Parepare.

Apa yang ditegaskan petugas KPPN ini selaras dengan nama MPP ini, yaitu Masiga. Dalam Bahasa Bugis Masiga berarti cepat. Sehingga MPP Masiga adalah Mal Pelayanan Publik yang memberikan pelayanan cepat kepada pemangku kepentingan. Selain cepat dikarenakan lokasi yang cepat dijangkau, juga cepat prosedur yang membuat masyarakat pemangku kepentingan merasa mudah dan dihargai waktu nya.(rls)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment