Home Peristiwa DLH dan 31 Organisasi dan Komunitas Kolaborasi Aksi Bersih-bersih di Pantai Tanggul Cempae Parepare

DLH dan 31 Organisasi dan Komunitas Kolaborasi Aksi Bersih-bersih di Pantai Tanggul Cempae Parepare

by Saleh

PAREPARE, – Dina Lingjungan Hidup Kota Parepare bersama  31 organisasi komunitas juga individu pemerhati lingkungan di Kota Parepare melakukan aksi kolaborasi bersama bersih-bersih pantai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Parepare Budi Rusdi mengatakan, anjungan cempae merupakan salah satu titik fokus perhatian DLH karena menjadi salah satu Icon Kota Parepare

Aksi bersih-bersih pantai itu dipusatkan di Pantai Tanggul Cemape atau lebih tepatnya di samping Anjungan Cempae, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Ahad (23/7/2023).

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare Muhammad Yusuf Asy mengatakan, aksi bersih-bersih itu bukan kali ini saja dilakukan.

“Kami bersama teman-teman organisasi dan komunitas di Kota Parepare melaksanakan aksi pembersihan dibantu aparat pemerintah dari kelurahan setempat melakukan bersih-bersih ini,” ujarnya.

Dia berharap, agar masyarakat yang bermukim disekitar lokasi untuk sadar tidak membuang sampah di laut. “Mari kita cintai laut, karena apabila laut kotor akan merusak lingkungan, terlebih disini ada ikon Anjungan Cempae yang jadi tempat wisata, jadi kalau kotor pasti jorok kelihatan,” tandasnya.

Lurah Watang Soreang Hikmayani Sulaeman menjelaskan, fenomena sampah yang bertumpukan di Anjungan Cempae merupakan fenomena rutin ditempat itu. Hal ini, kata dia, arah angin yang berakhir ditempat itu jadi salah satu penyebab sampah berkumpul.

“Sampah dari daerah lain pun berkumpul disini. Dengan fnomena tersebut sudah selayaknya kita melakukan pembersihan rutin ditempat ini,” ucapnya.

Ia pun berharap, kegiatan seperti ini bisa lebih rutin dilakukan, bukan hanya melibatkan komunitas yang ada sekarang. “Kalau bisa komunitas lain dan masyarakat di Kota Parepare secara umum bisa tergerak hatinya ikut membersamai atau mencetus kegiatan seperti ini,” harapnya.

Runner-up 1 Duta Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan 2023 Sri Aulia Putri mengatakan, semoga dengan adanya aksi bersih-bersih ini bisa meningkatkan kesadaran diri masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

“Untuk masyarakat sekitar dan pengunjung agar tidak membuang sampah di lautan, karena kita harus terus menjaga ekosistem lautan kita,” ucapnya.

“Semoga kegiatan ini direspon dengan baik oleh masyarakat dan pihak pemerintah. Semoga ke depannya kegiatan ini terus berlanjut untuk Kebersihan lingkungan kita,” ucap, Winner Duta Pelajar Sulsel Andi Rahmatullah 2023.

Winner Duta Lingkungan Hidup Kota Parepare Asnun mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye mengenai isu persampahan khususnya di Kota Parepare.

“Kita bisa lihat di samping sana adalah tempat yang cukup indah. Maka tidak enak dipandang dengan banyaknya tumpukan sampah yang ada di sebelahnya,” kata Asnun yang juga dari Parepare Creative Hunter (PCH) Kota Parepare sambil menunjuk objek wisata Anjungan Cempae.

“Semoga kegiatan hari ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Kota Parepare agar lebih cinta terhadap lingkungan sekitar,” ujar Andi Nur Alia Aini Runner-up 1 Duta Lingkungan Hidup Kota Parepare.

Related Articles

Leave a Comment