Home Berita Dorong Publikasi Ilmiah, Departemen HI Unhas Gelar Pelatihan Mendeley

Dorong Publikasi Ilmiah, Departemen HI Unhas Gelar Pelatihan Mendeley

by Administrator

KELASTER.COM.MAKASSAR – Dalam rangka mendorong peningkatan publikasi ilmiah di lingkungan Universitas Hasanuddin, Departemen Ilmu Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), menggelar workshop “Introduction to Mendeley”, Jum’at (2/10), mulai pukul 09.00 Wita. Kegiatan yang berlangsung secara daring ini diikuti oleh 85 peserta, terdiri atas dosen dan mahasiswa.

Hadir sebagai nara sumber adalah Ishaq Rahman, S.IP, M.Si, dosen HI Unhas, yang juga merupakan Mendeley Advisor. Acara yang diselenggarakan oleh Departemen HI Unhas ini sekaligus dirangkaikan dengan perkenalan International Relations Publication Center (IRPC).

Mengawali acara, Ketua Departemen HI Unhas, Drs. Darwis, MA, Ph.D, menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menumbuhkan semangat menghasilkan publikasi bagi dosen dan mahasiswa. Pada tahap selanjutnya, pemanfaatan Mendeley dalam penulisan karya ilmiah memberi peluang lebih luas untuk dapat memenuhi standar penulisan pada jurnal bereputasi.

“Kita ingin membiasakan kepada dosen mahasiswa yang menulis skripsi dan karya ilmiah lainnya untuk menggunakan Mendeley. Apalagi, Mendeley sekarang telah menjadi bagian dari Elsevier, sehingga lebih bersahabat dengan persyaratan jurnal-jurnalnya,” kata Darwis.

Dalam presentasinya, Ishaq Rahman memaparkan secara garis besar tentang Mendeley, mulai dari instalasi, pengelolaan material referensi, teknik mengutip, hingga manfaat tambahan dari Mendeley.

“Mendeley pada dasarnya merupakan alat bantu. Peran terbesar dalam membuat artikel dan tulisan ilmiah ada pada penulisnya. Misalnya, dalam menentukan bagian mana yang akan disitasi, semua ada di tangan penulis. Mendeley mempermudah proses yang rumit menjadi lebih sederhana,” kata Ishaq.

Pada kesempatan ini, para peserta berkesempatan untuk mempraktekkan langsung penggunaan Mendeley. Peserta juga dapat berkonsultasi tentang masalah-masalah yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi Mendeley.

Acara dipandu oleh Abdul Razaq Z. Cangara, S.IP, M.Si, MIR, dosen HI Unhas yang juga merupakan Ketua IRPC. Pada sesi tanya jawab juga dimanfaatkan untuk saling berbagi pengalaman di antara dosen untuk memperkuat produktivitas publikasi.

Di akhir acara, penyelenggara kegiatan membagi-bagikan souvenir dari Mendeley kepada peserta yang berpartisipasi pada kegiatan ini.(*/mir/ILO)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment