Rabu, Februari 28, 2024
Beranda Berita Dubes Tantowi Yahya Berikan Kuliah Umum di Departemen HI Unhas

Dubes Tantowi Yahya Berikan Kuliah Umum di Departemen HI Unhas

KELASTER.COM,MAKASSAR – Universitas Hasanuddin melalui Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) menggelar Kuliah Umum bersama H.E. Tantowi Yahya, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga. Beliau juga merupakan Duta Besar Keliling Indonesia untuk negara-negara Pasifik.

Acara yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Webinar, dan disiarkan langsung melalui YouTube Departemen HI Unhas, Selasa (3/11), mulai pukul 10.00 Wita.

Kuliah Umum merupakan bagian dari mata kuliah Teori dan Praktek Diplomasi. Kehadiran Dubes Tantowi adalah bentuk implementasi “Merdeka Belajar: Kampus Merdeka”, dimana mahasiswa diharapkan memperoleh paparan dari praktisi diplomasi secara langsung.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA yang berkesempatan menyapa Dubes Tantowi Yahya, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kehadiran beliau. Prof Dwia berharap kehadiran Dubes Tantowi dapat memberi pencerahan baru terkait isu-isu hubungan bilateral dan diplomasi Indonesia dengan Selandia Baru dan negara-negara Pasifik.

“Sungguh suatu kehormatan menerima kehadiran Pak Dubes. Tahun lalu, kita bertemu di Wellington, dan saya sangat berharap Pak Dubes dapat hadir ke Unhas. Apa boleh buat, situasi pandemi sedang melanda dunia. Namun berkat kemajuan teknologi, alhamdulillah kita dapat bertemu secara virtual,” kata Prof. Dwia.

Dalam materi kuliah yang berjudul “Diplomasi Indonesia di Pasifik”, Dubes Tantowi Yahya memaparkan dinamika kawasan Pasifik secara umum, khususnya tentang hubungan Indonesia dan Selandia Baru. Menurut beliau, Indonesia perlu mengubah cara pandang terhadap kawasan Pasifik.

“Selama ini, kita selalu melihat Indonesia dari perspektif Samudera Hindia, sehingga kawasan Pasifik itu dianggap bagian belakang. Padahal, secara geopolitik kawasan ini mempunyai makna penting bagi Indonesia,” papar Dubes Tantowi.

- Advertisement -

Dubes Tantowi memaparkan bagaimana posisi Pasifik dalam geopolitik dunia, yang setidaknya memiliki empat makna penting, yaitu: suara di PBB, poros perdagangan Asia-Amerika, potensi maritim, dan isu perubahan iklim.

“Kawasan Pasifik merupakan the most contested region, kawasan paling diperebutkan oleh negara-negara di dunia. Berbagai negara menerapkan strategi unik untuk merangkul Pasifik,” kata Dubes Tantowi.

Beberapa negara melakukan pendekatan ke Pasifik, antara lain Australia (Pacific Step Up), Selandia Baru (Pacific Reset), Amerika Serikat (Pacific Pledge dan Indo Pacific Command), Cina (One Belt One Road/OBOR Innitiative), ASEAN (Indo Pacific Outlook).

“Kita tidak ingin ketinggalan. Tahun lalu kami meluncurkan apa yang kita sebut sebagai The Pacific Elevation, sebagai upaya kita merangkul kawasan ini secara proaktif,” kata Dubes Tantowi.

Bertindak sebagai pembawa acara adalah Ririn Khairina (mahasiswa HI Unhas, angkatan 2019). Kuliah umum dipandu oleh Darwis, Ph.D (Ketua Depatemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unhas).

Sebanyak lebih 300 peserta mengikuti kegiatan secara virtual. Selain mahasiswa HI Unhas, para peserta berasal dari berbagai latar belakang, antara lain Universitas Lampung, Universitas Tanjungpura Pontianak, dan Kementerian Hukum dan HAM. Acara berlangsung lancar hingga pukul 12.00 wita (ilo)

About The Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Postingan Populer

Pemkot Serahkan Rancangan Awal RPJPD 2025-2045 ke DPRD Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE - Pemkot Parepare menyerahkan rancangan awal rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 ke DPRD. Penyerahan itu dilakukan melalui rapat paripurna...

FKPPM Gelar Milad dan Pengukuhan, Pj Wali Kota Akbar Ali Ajak Pengurus Bersinergi dengan Pemkot Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE - Forum Kominikasi Putra Putri Mandar (FKPPM) menggelar acara Milad ke-6 Tahun. Acara dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus FKPPM periode 2024-2027, dan peringatan Isra...

WASPADA Akun PJ Walikota Parepare Di Retas

KELASTER.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kominfo Kota Parepare mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak cepat terpengaruh dengan adanya akun akun yang...

PJ Walikota Makassar Ikut Sambut Kuker Presiden Jokowi Di Makassar

KELASTER.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali ikut menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo di Kota Makassar, Kamis 22 Februari 2024. Akbar bersama sejumlah...

Komisi I DPRD Parepare Kunjungi Bawaslu dan KPU Cek Polemik PSU di Dapil I Bacukiki Barat

KELASTER.COM,PAREPARE – Menindaklanjuti polemik terkait hasil pemilu di daerah pemilihan I Bacukiki Barat, yang berujung pada Pemilu Suara Ulang (Psu). Ketua Komisi I DPRD...

List Komentar