Rabu, Juli 28, 2021
Beranda Berita Fakultas Kehutanan Unhas Gelar Kuliah Umum Bahas Ekologi Politik

Fakultas Kehutanan Unhas Gelar Kuliah Umum Bahas Ekologi Politik

KELASTER.COM,MAKASSAR – Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin melalui Forest and Society bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada dan beberapa mitra lainnya menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Environment, Development and Governance In Indonesia: Theories, Issue and Trends” dengan mengusung tema “What Is Political Ecology?”.

Kegiatan yang menghadirkan Prof. Dr. Krisnawati Suryanata selaku narasumber berlangsung mulai pukul 11.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan terhubung secara live melalui kanal Youtube Forest and Society, Senin (22/02).

Mengawali kegiatan, Prof. Ahmad Maryudi (Universitas Gadjah Mada, Indonesia) sebagai salah satu tim editor FS menjelaskan kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Unhas dan UGM yang sudah lama direncanakan. Hadirnya kegiatan ini diharapkan menjadi ruang belajar untuk pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang kehutanan dan lingkungan hidup.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Krisnawati yang merupakan seorang ahli ekologi menjelaskan secara umum mengenai Ekologi Politik sampai pada contoh kegunaan ekologi politik dalam menganalisis permasalahan sumber daya alam.

Mengawali materinya, beliau menjelaskan tentang dasar pengetahuan yang dimiliki mulai dari pembelajaran ilmu tanah tahun 1970-an. Setelah menyelesaikan bidang ilmu tanah, kemudian melanjutkan dengan mempelajari interpretasi foto udara dan penginderaan jauh serta mengenal ekologi pertanian yang memiliki cakupan lebih luas.

Prof Krisnawati mengatakan bahwa ekologi politik merupakan penggabungan dari ekologi dengan ekonomi politik yang membandingkan berbagai penjelasan mengenai perubahan ekologi. Misal permasalahan erosi tanah, jika dilihat secara konvensional penyebab langsung seperti curah hujan, kecuraman lereng, hingga kurang pengetahuan. Namun, jika dilihat dari ekologi politik, akar permasalahan ini terjadi karena salah satunya kurang tenaga kerja hingga pengawetan tanah yang tidak menguntungkan.

Untuk menjadi seorang ahli ekologi politik, Prof Krisnawati menggabungkan pengetahuan teknis dengan wawasan dari ekonomi politik, untuk pendekatan yang lebih holistik dalam memahami pengelolaan sumber daya alam dan proses perubahan agraria.

“Analisis ekologi politik selalu berbicara tentang skala yang menelusuri faktor penyebab di luar lingkungan setempat, juga sangat peka terhadap warisan sejarah dengan memahami asal usul struktur ekonomi politik dan norma yang berlaku. Tidak hanya itu, akses dan politik formal informal juga menjadi bagian dalam menganalisi ekologi politik,” kata Prof Krisnawati.

Setelah menyampaikan materinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan yang juga dihadiri oleh editor Forest and Society lainnya dan di ikuti kurang lebih 200 peserta berlangsung lancar hingga pukul 12.30 Wita.(rls/ilo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Postingan Populer

Komisi 3 DPRD Parepare, kita akan teruskan ke pemerintah kota Hasil RDP dengan warga Pasar Senggol

KELASTER.COM,PAREPARE - Kondisi Pandemi Covid-19 belum berakhir di Indonesia termasuk Kota Parepare yang sampai saat ini masih dirasakan disemua sektor. Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat...

KKN UNHAS MANGGALA 4 GEL. 106 “PENYULUHAN MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR DI TPA BORONG, KECAMATAN MANGGALA

KELASTER.COM,MAKASSAR - Kuliah kerja nyata Universitas Hasanuddin gel. 106 wilayah manggala melakukan edukasi terkait cara menyikat gigi yang baik dan benar. Edukasi ini dilakukan di...

mahasiswa KKN Unhas Gel-106 posko Manggala 4 lakukan sterilasisasi masjid Al Ashri Antang

KELASTER.COM,MAKASSAR - Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia yang dimulai pada awal tahun 2020, memiliki dampak yang signifikan salah satunya pada sektor keagamaan. Melihat...

Siap-Siap Keputusan Perpanjangan PPKM di Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE -- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Parepare dikabarkan bakal diperpanjang. Hal tersebut dikatakan Staff Pengelola Data Tim Penegakan Hukum (Gakkum) Protokol...

ODGJ yang Berkeliaran di Lasiming Diamankan Petugas

KELASTER.COM, PAREPARE -- Petugas Satpol PP Parepare kembali mengamankan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Dalam pengamanan tersebut, bersama Dinas Sosial Kota Parepare, Petugas keamanan menindaklanjuti...

List Komentar