Home Berita Gugah Semangat Akademisi, BSI UIN Alauddin Kolaborasi LITA Gelar Seminar Online

Gugah Semangat Akademisi, BSI UIN Alauddin Kolaborasi LITA Gelar Seminar Online

by ilham

KELASTER.COM, MAKASSAR – Prodi Bahasa dan Sastra Inggris (BSI) Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar bekerjasama Linguistics and Literature Association (LITA), menggelar seminar nasional secara online.

Kegiatan ini mengangkat tema ‘Gender, Migration, and Diaspora in Woman’s Literature of the Ummah’ dan berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom, Rabu (5/8/2020).

Seminar ini merupakan kolaborasi antara prodi BSI dengan asosiasi dosen Lingusitik dan Sastra, yang merupakan salah satu agenda utama dari LITA.

Ini merupakan seminar berseri yang diadakan LITA sekali dalam 2 pekan dengan melibatkan universitas-universitas se-Indonesia sebagai host.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, MA, sekaligus menjadi keynote speaker pada kegiatan seminar ini, menyampaikan pentingnya peran keluarga dalam menghadapi segala tantangan dalam konteks kehidupan.

Menurutnya, keluarga berperan penting untuk menguatkan nilai-nilai positif diri setiap anggota keluarga apalagi dalam situasi pandemi saat ini.

Dia berharap, kegiatan seminar seperti ini dapat terus menggugah semangat dan kontribusi para akademisi terhadap pengembangan ranah ilmu pengetahuan.

Hadir sebagai narasumber dari kedua pihak, yakni Hasnul Insani Djohar, Ph.D (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Dr. Rosmah Tami, M.Sc, MA (UIN Alauddin Makassar).

Hasnul Insani menjelaskan bahwa sastra mencakup segala aspek kehidupan manusia, sehingga karya sastra bisa dihubungkan dengan kehidupan nyata dan dikaji dari segi sosial, politik, ekonomi, agama termasuk gender dan migrasi seperti yang terdapat dalam novel Hope and Other Dangerous Pursuits karya Laila Lalami.

Adapun Rosmah Tami berbicara tentang bagaimana konsep dan konteks sastra perempuan (Literature of the Ummah), termasuk memberi contoh beberapa karya sastra yang dipengaruhi oleh karakter Ummi atau Ibu dalam alur ceritanya.

Lebih dari 500 orang mendaftar sebagai peserta pada seminar nasional online kedua yang digelar LITA. Kegiatan ini juga menjadi bentuk sosialisasi LITA yang diketuai oleh Prof. Dr. Zuliati Rohmah, M.Pd. (UIN Sunan Ampel Surabaya), sekaligus membuka kesempatan bagi dosen-dosen linguistik dan sastra untuk bergabung serta berkontribusi pada kegiatan-kegiatan LITA selanjutnya.

Sementara ketua panitia Syahruni Junaid, S.S, M.Pd yang juga Sekretaris LITA berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk lebih memperluas jaringan bagi para dosen, khususnya bidang Linguisitik dan Sastra, terus berbagi ilmu dan pengetahuan dalam bentuk ilmu murni maupun dalam konteks integrasi tentang isu-isu mutakhir di bidang bahasa dan sastra. (ilo)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment