Home Berita LP2M Unhas Riset Inklusif Pengembangan Komoditas Andalan Luwu Utara

LP2M Unhas Riset Inklusif Pengembangan Komoditas Andalan Luwu Utara

by Saleh

KELASTER.COM.Luwu Utara – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin menginisiasi riset inklusif yang berfokus di Kabupaten Luwu Utara. Dalam rangka persiapan implementasi, Tim LP2M Unhas mengadakan pertemuan dengan Pjs. Bupati Luwu Utara, Dr. Iqbal S. Suhaeb, Senin (28/9).

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris LP2M Unhas, Dr. Ir. Abdul Rasyid Jalil, bersama tim peneliti, diterima oleh Pjs. Bupati Luwu Utara bersama jajaran, termasuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Luwu Utara, Ir. Rusyidi Rasyid, M.Si.

Abdul Rasyid Jalil menjelaskan bahwa riset ini sesuai amanah Gubernur Sulawesi Selatan untuk terus mengembangkan komiditi-komiditi unggulan di setiap wilayah kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan. Dengan dukungan Bank Indonesia, LP2M melakukan kajian komoditas andalan di Luwu Utara.

“Riset yang sifatnya inklusif ini dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi Sulawesi selatan dengan mendorong pertumbuhan-pertumbuhan ekonomi komoditi daerah khususnya di Luwu Utara. Ditengah pandemic yang terjadi saat ini, praktis roda perekonomian terhambat dimana daya beli menurun ditambah lagi ketidakpastian pasar global,” kata Rasyid.

Riset ini dilakukan dengan tujuan selain mengatasi permasalahan pandemik juga untuk melakukan kajian komoditi andalan Luwu Utara apa saja yang dapat dikembangkan, bagaimana pengembangannya, termasuk kajian strategis terhadap perluasan pasar.

“Disamping itu yang tak kalah pentingnya adalah untuk mengetahui sektor-sektor tertentu yang memiliki potensi menjadi sentra pertumbuhan ekonomi baru. Pertumbuhan ekonomi baru melalui komoditi potensial ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi penyerapan tenaga kerja dan tentunya sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi luwu utara dan provinsi Sulawesi selatan,” jelas Rasyid.

Tim Peneliti dari LP2M berasal dari berbagai bidang ilmu, sesuai kebutuhan pengembangan strategis komoditas di Luwu Utara.(*/ilo)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment