Senin, Oktober 18, 2021
Beranda Berita Mubes IV Ikatan Alumni Perikanan Unhas: Sinergi untuk Kedaulatan Pangan

Mubes IV Ikatan Alumni Perikanan Unhas: Sinergi untuk Kedaulatan Pangan

Ikatan Alumni (IKA) Perikanan Universitas Hasanuddin menggelar Musyawarah Besar (Mubes) IV yang mengusung tema “Sinergi Alumni untuk Kedaulatan Pangan Negeri”. Kegiatan mubes bertempat di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/09).

Kegiatan Mubes dilakukan secara hybrid, diikuti oleh para alumni dari berbagai wilayah di Indonesia. Turut hadir, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas (Prof. Dr. drg. A. Arsunan, M.Kes), Dekan FIKP (Dr. Ir. St. Aisjah Farhum, M.Si), Ketua IKA Kelautan dan Perikanan (Ir. Syamsul Bahri Sirajuddin), Ketua IKA Perikanan Unhas (Dr. Bahrianto Bachtiar), Ketua Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc), serta sesepuh Fakultas Kelautan dan Perikanan Prof. Dr. Ir. Natsir Nessa. Hadir pula, Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, yang juga merupakan alumni Perikanan Unhas.

Dalam pengantarnya, Ketua IKA Perikanan Unhas, Bahrianto Bachtiar, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kehadiran para alumni pada acara ini. Dirinya mengatakan sudah cukup lama menjadi Ketua IKA Perikanan dan sekarang adalah waktunya untuk melakukan penyegaran.

“Alhamdulillah kita ada tokoh muda yang terpilih sebagai Bupati Pangkep. Beliau cocok untuk minta menjadi Ketua IKA Perikanan berikutnya. Saya berbicara dengan beberapa teman, nampaknya semua sepakat. Apalagi beliau adalah Bupati Pangkajene Kepulauan, sangat relevan dengan bidang perikanan,” kata Bahrianto.

Dekan FIKP Unhas selanjutnya memaparkan tentang kondisi aktual fakultas yang dipimpinnya. Dimana hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi IKA Perikanan dalam menyusun dan mempersiapkan program kerja nantinya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Arsunan, selanjutnya memberi gambaran alumni Unhas, yang saat ini telah mencapai lebih dua ratus ribu orang. Pihaknya sedang mempersiapkan mekanisme penggalangan dana abadi (endowment fund) untuk mendukung kegiatan alumni.

“Rektor telah menerbitkan keputusan untuk dasar hukum bagi proses ini, sehingga kedepannya kegiatan-kegiatan alumni akan selalu bersinergi dengan universitas,” kata Arsunan.

Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, selanjutnya menyambut hangat kehadiran para alumni dan penyelenggaraan Mubes IV di wilayahnya. Tema Mubes kali ini menurutnya sangat strategis, sebagai bentuk sinergi alumni perikanan untuk kedaulatan pangan, terutama pada masa pandemi saat ini.

Pelaksanaan Mubes IV IKA Perikanan Unhas selanjutnya membahas beberapa agenda, termasuk memilih ketua yang baru. Secara aklamasi, forum mubes menyepakati Muhammad Yusran Lalogau sebagai Ketua IKA Perikanan Unhas yang baru.(rilis/Ir/ilo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Postingan Populer

Mahasiswa Prodi Psikologi Unhas Raih Best Paper di Temu Ilmiah Nasional

Mahasiswa Progran Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin berhasil meraih prestasi membanggakan. Lidya Fitri Ramadhani B, mahasiswa angkatan 2016 meraih Best Paper dalam Temu...

Legislator Nasdem Asmawati: Warga Boleh Tolak Pembangunan Menara Telekomunikasi Dekat Permukiman

KELASTER.COM, PAREPARE -- Penolakan pembangunan menara telekomunikasi karena berdampak bisa dilakukan oleh warga. Hal itu tertuang dalam Peraturan Perundang-undangan (Perda) Nomor 2 Tahun 2015,...

Bidang Kemahasiswaan Unhas Laksanakan Evaluasi Kegiatan Kemahasiswaan dan Alumni

Kelaster-Makassar, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin laksanakan evaluasi kegiatan kemahasiswaan dan Alumni, sabtu (2/10/2021) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin melaksanakan Evaluasi kegiatan kemahasiswaan...

Parepare Raih Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Kategori Utama

KELASTER.COM, PAREPARE -- Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe resmi menerima piala penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama, pada Senin 27 September...

Kepala Bappeda Sampaikan Pesan Walikota Parepare Lewat Zikir dan Tausiyah

KELASTER.COM, PAREPARE -- Pemerintah Kota Parepare tetap mengintensifkan kegiatan religius di masa pandemi Covid-19. Melalui kegiatan Zikir dan Tausiyah di masjid-masjid setiap Kamis malam,...

List Komentar