Rabu, Juli 28, 2021
Beranda Berita Tiga Mahasiswa Hubungan Internasional Unhas Lolos Seleksi Nasional NUDC 2021

Tiga Mahasiswa Hubungan Internasional Unhas Lolos Seleksi Nasional NUDC 2021

KELASTER.COM,MAKASSAR – Sebanyak tiga mahasiswa yang tergabung dalam prodi Hubungan Internasional pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin berhasil lolos mengikuti National University Debating Championship (NUDC) tahun 2021.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil dari tim juri NUDC yang dilaksanakan dari tanggal 21 s.d. 27 Juni tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Tim yang berhasil lolos, yakni debaters, Muhammad Daffa Rizqillah (HI 2019) & Muhammad Nur Iksan (HI 2018); dan N1 Adjudicator, Regina Farah Nafilah (HI 2020), peserta tim tersebut dipilih berdasarkan speaker score di tingkat Universitas.

Pada wawancara, Senin (28/06), Daffa selaku perwakilan tim menjelaskan NUDC 2021 adalah kompetisi yang berkaitan dengan bidang keilmuan yang ditekuni saat ini. Sehingga, melalui kompetisi NUDC dapat memotivasi mahasiswa untuk mengasah keilmuan dan keahlian serta meningkatkan jiwa kompetisi.

“Karena mata kuliah yang diajarkan dalam HI sangat berkaitan dengan matter yang ada di mosi debat, selain itu debat merupakan platform yang dapat digunakan untuk mengaktualisasikan ilmu yang didapat selama belajar di HI,” Kata Daffa.

NUDC tahun 2021 mempertemukan 112 tim terbaik se-Indonesia. Dengan menggunakan format debat parlemen, NUDC menuntut mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik.

Pada tahap seleksi tingkat Universitas, peserta melakukan debat menggunakan platform online. Tahapan seleksi ini untuk menentukan 1 (satu) tim terbaik. Satu tim terdiri atas 2 mahasiswa sebagai debater dan 1 mahasiswa/dosen di perguruan tinggi tersebut sebagai N1 adjudicator yang selanjutnya berhak untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah.

Tahapan seleksi di tingkat wilayah terbagi atas 16 pembagian wilayah Kopertis (LLDIKTI). Proses seleksi dilakukan dengan mengirim video sesuai mosi yang dirilis oleh Puspresnas. Berdasarkan total nilai secara nasional, tim NUDC UNHAS meraih peringkat pertama LLDIKTI IX, dengan nilai 630.

Lebih lanjut, Daffa menjelaskan saat ini timnya tengah mempersiapkan diri dengan melakukan latihan bersama setiap minggu secara intensif untuk mengikuti National University Debating Championship 2021 bersaing dengan mahasiswa dari universitas lain di seluruh Indonesia.

“Kami harap bahwa NUDC 2021 dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi kami untuk mengasah kemampuan berdebat dan berpikir kritis kami,” tutup Daffa

Pelaksanaan NUDC Tingkat Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 24 s.d, 30 Agustus 2021, dan uji coba sistem akan dilaksanakan pada tanggal 21 s.d. 23 Juli 2021. Diikuti oleh tim-tim terbaik di masing-masing Wilayah I s.d. XVI yang berjumlah 112 Tim. Seluruh tim berjumlah 336 orang yang terdiri atas 224 mahasiswa debaters dan 112 orang N1 adjudicators.

Selanjutnya akan terpilih empat tim terbaik di Grandfinal kategori Open-Draw diprioritaskan untuk mewakili Indonesia mengikuti debat tingkat dunia World University Debating Championship (WUDC) tahun 2021 di Zagreb, Kroasia. (rls/ilo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Postingan Populer

Komisi 3 DPRD Parepare, kita akan teruskan ke pemerintah kota Hasil RDP dengan warga Pasar Senggol

KELASTER.COM,PAREPARE - Kondisi Pandemi Covid-19 belum berakhir di Indonesia termasuk Kota Parepare yang sampai saat ini masih dirasakan disemua sektor. Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat...

KKN UNHAS MANGGALA 4 GEL. 106 “PENYULUHAN MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR DI TPA BORONG, KECAMATAN MANGGALA

KELASTER.COM,MAKASSAR - Kuliah kerja nyata Universitas Hasanuddin gel. 106 wilayah manggala melakukan edukasi terkait cara menyikat gigi yang baik dan benar. Edukasi ini dilakukan di...

mahasiswa KKN Unhas Gel-106 posko Manggala 4 lakukan sterilasisasi masjid Al Ashri Antang

KELASTER.COM,MAKASSAR - Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia yang dimulai pada awal tahun 2020, memiliki dampak yang signifikan salah satunya pada sektor keagamaan. Melihat...

Siap-Siap Keputusan Perpanjangan PPKM di Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE -- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Parepare dikabarkan bakal diperpanjang. Hal tersebut dikatakan Staff Pengelola Data Tim Penegakan Hukum (Gakkum) Protokol...

ODGJ yang Berkeliaran di Lasiming Diamankan Petugas

KELASTER.COM, PAREPARE -- Petugas Satpol PP Parepare kembali mengamankan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Dalam pengamanan tersebut, bersama Dinas Sosial Kota Parepare, Petugas keamanan menindaklanjuti...

List Komentar