Home Berita Unhas Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal Menuju Bereputasi ESCI dan Scopus

Unhas Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal Menuju Bereputasi ESCI dan Scopus

by ilham

KELASTER.COM, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melalui Klinik Pengelolaan Jurnal Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Klinik Pengelolaan Jurnal Menuju Bereputasi Emerging Sources Citation Indeks (ESCI) dan Manajemen Pengelolaan Jurnal Menuju Scopus”.

Kegiatan ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube FKG Unhas, Rabu (5/8/2020).

Kegiatan resmi dibuka Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Hadir sebagai narasumber Kepala Sub Bagian Fasilitas Jurnal Ilmiah Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristek/BRIN Dr. Lukman, Kepala Pusat Publication Management Center (PMC) Unhas Muhammad Arsyad, Ph.D, Universitas Negeri Semarang Yoris Adi Maretta, dan Dosen Fakultas Kehutanan Unhas, Editor in Chief Forest dan Society Muhammad Alif K. Sahide, Ph.D.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyampaikan apresiasi tinggi kepada penyelenggara kegiatan yang menghadirkan wadah pengembangan pengetahuan dalam upaya peningkatan capaian jurnal.

“Kegiatan yang sangat penting dalam banyak hal. Bukan hanya terkait jurnal yang masuk ranking sitasi tinggi. Tapi lebih dari itu, hasil penelitian yang memiliki implikasi langsung terhadap kebermanfaatan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelas Prof Dwia.

Prof Dwia menyampaikan agar para peneliti memiliki motivasi tinggi dalam upaya mendorong hasil penelitian yang bisa langsung dirasakan masyarakat dan meningkatkan pengembangan teknologi dan pelayanan kemasyarakatan lainnya.

“Untuk mencapai hal tersebut kita tentu harus masuk jalur yang sudah ditetapkan. Unhas saat ini memiliki total 83 jurnal, 35 jurnal sudah terakreditasi. Semua jurnal ini perlu diklinikkan agar masuk ke ESCI dan Scopus agar memiliki impact factor terhadap masyarakat maupun industri,” tutup Prof Dwia.

Sementara Dekan FKG Unhas, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) menyampaikan secara ringkas terkait Strategis Pengembangan Jurnal di Fakultas Kedokteran Gigi Unhas.

Ruslin menuturkan pengembangan jurnal di FKG mengikuti prosedur standar yang sudah ditetapkan. Sejak 2016, FKG Unhas mempersiapkan pengembangan E-Jurnal.

Saat ini, jurnal yang dikelola FKG Unhas berada di peringkat SINTA 2. FKG berupaya untuk melakukan peningkatan kualitas jurnal sebagai upaya mendorong ke ESCI dan Scopus.

Usai pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber yang hadir.

Muhammad Arsyad, Ph.D., Kepala Pusat Publication Management Center (PMC) Unhas menjelaskan materi terkait ‘Evaluasi Kesiapan E-Jurnal Menuju ESCI dan Scopus’ yang di dalamnya memuat indexing level, benefit of indexing, sampai pada editor role.

Pada kesimpulan materinya, Arsyad menyampaikan agar lebih memperhatikan trend terbitan yang tidak hanya berfokus pada kuantitas. Namun, lebih mengedepankan trend isu dengan mempertimbangkan kualitas terbitan.

Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung dua hari. Untuk hari pertama, kegiatan dipandu oleh drg. Fuad Husain Akbar, M.Kes., Ph.D., selaku moderator diikuti peserta dari beberapa Universitas di Indonesia dijadwalkan berlangsung hingga pukul 14.00 Wita. (mir)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment