Home Berita Unhas Peringkat Ketiga Nasional Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa 2020

Unhas Peringkat Ketiga Nasional Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa 2020

by ilham

KELASTER.COM, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin meloloskan 113 proposal Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) untuk tahun 2020. Hal ini tertuang dalam surat Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nomor 1686/E2/TU/2020 tertanggal 5 Agustus 2020 tentang Pendanaan PKM 5 Bidang Tahun 2020.

Ditjen Dikti membiayai 3.789 proposal PKM senilai Rp18,5 milyar. Proposal PKM terbagi dalam 5 bidang, antara lain Bidang Kewirausahaan (PKMK), Bidang Karsa Cipta (PKMKC), Bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM), Bidang Penelitian (PKMP), dan Bidang Penerapan Teknologi (PKMT).

Khusus untuk Bidang Penelitian, terdiri atas Penelitian Eksakta (PKMPE) dan Penelitian Sosial Humaniora (PKMPSH).

Unhas memperoleh pendanaan senilai total Rp551,5 juta untuk 113 proposal PKM. Capaian ini menempatkan Unhas pada peringkat ketiga nasional, baik dari sisi jumlah proposal yang didanai, maupun besaran nilai pendanaan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan, M.Kes menjelaskan untuk pertama kalinya Unhas menembus tiga besar. Hal ini merupakan buah dari usaha bersama seluruh elemen di Unhas dalam pembinaan kemahasiswaan, mulai dari program studi, departemen, fakultas, hingga universitas.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas keterlibatan semua pihak, khususnya kepada Ibu Rektor yang terus memberi dukungan yang luar biasa dalam kegiatan dan pembinaan kemahasiswaan,” kata Arsunan, Kamis (6/8/2020).

Jumlah sebaran proposal mahasiswa Unhas yang lolos pada setiap bidang untuk pendanaan PKM tahun 2020 sebagai berikut:

1. PKMK (Kewirausahaan): 8 proposal
2. PKMKC (Karsa Cipta): 25 proposal
3. PKMM (Pengabdian Masyarakat): 21 proposal
4.a. PKMPE (Penelitian Eksakta): 36 proposal
4.b. PKMPSH (Penelitian Sosial Humaniora): 18 proposal
5. PKMT (Penerapan Teknologi): 5 proposal.

*Pendekatan Masing-masing Fakultas

Dari 113 proposal PKM yang diloloskan, seluruhnya terdistribusi pada 15 fakultas di Unhas. Fakultas dengan jumlah proposal yang lolos terbanyak adalah Fakultas Pertanian yang meloloskan 17 proposal, disusul Fakultas Teknik sebanyak 16 proposal, dan Fakultas MIPA sebanyak 13 proposal.

Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr.Sc.Agr. Ir. Baharuddin, menjelaskan bahwa hasil capaian ini merupakan buah dari usaha serius dan sistematis yang dilakukan. Pihaknya melakukan beberapa kali workshop dan pendampingan untuk menyamakan persepsi antara Tim Pokja PKM, dosen pembimbing dan mahasiswa.

“Namun hal yang sangat penting adalah pemilihan topik yang tepat dan kekinian, pengalaman dosen pendamping dan keaktifan mahasiswa, termasuk alumni PKM juga kami libatkan,” kata Baharuddin.

Hal senada diungkapkan Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad, MT. Dia menjelaskan bahwa pihaknya belajar dari situasi tahun sebelumnya, dimana capaian PKM kurang maksimal.

“Kami menyadari, tahun lalu hasil kita kurang optimal. Maka kami melakukan pendampingan, melibatkan prodi, dosen, dan lembaga kemahasiswaan tingkat fakultas. Alhamdulillah, tahun ini capaian kita dua kali lipat dari tahun lalu,” kata Prof. Arsyad.

Menghadapi PIMNAS, Prof Arsyad telah berkoordinasi dengan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan untuk mempersiapkan mahasiswa seoptimal mungkin.

Sementara itu, Dekan Fakultas MIPA, Dr. Eng. Amiruddin, M.Sc mengapresiasi capaian Tim Pokja Unhas dan Pokja Fakultas MIPA yang intensif melakukan pendampingan. Capaian proposal PKM dari Fakultas MIPA terbilang mengagumkan, dari 3 proposal tahun 2019 menjadi 13 proposal tahun ini.

“Selain 13 proposal PKM, kami juga meloloskan 3 tim PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), sehingga total tim PKM MIPA tahun ini sebanyak 16 tim,” kata Amiruddin.

Menindaklanjuti pengumuman PKM 5 bidang tersebut, Dekan MIPA segera mempersiapkan tindak lanjut menghadapi PIMNAS 2020. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melaksanakan rapat koordinasi melibatkan seluruh tim PKM, Pokja, Wakil Dekan, Ketua Departemen, dan dosen pembimbing.

“Kita akan optimalkan persiapan pelaksanaan kegiatan PKM ini sesuai dengan proposal masing-masing bidang. Semoga tim ini minimal setengahnya bisa lolos ke PIMNAS 2020,” kata Amiruddin.

Senada dikatakan Dekan Teknik dan Dekan Pertanian Prof. Arsyad yang juga berharap dapat mencatat prestasi tahun ini.

“Kita targetkan bisa memperoleh emas,” kata Prof. Arsyad.

*Jumlah proposal PKM setiap fakultas yang memperoleh pendanaan:

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: 2 proposal
2. Fakultas Hukum: 8 proposal
3. Fakultas Kedokteran: 6 proposal
4. Fakultas Teknik: 16 proposal
5. FISIP: 6 proposal
6. Fakultas Ilmu Budaya: 1 proposal
7. Fakultas Pertanian: 17 proposal
8. Fakultas MIPA: 13 proposal
9. Fakultas Peternakan: 4 proposal
10. Fakultas Kedokteran Gigi: 8 proposal
11. Fakultas Kesehatan Masyarakat: 5 proposal
12. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan: 5 proposal
13. Fakultas Kehutanan: 7 proposal
14. Fakultas Farmasi: 10 proposal
15. Fakultas Keperawatan: 5 proposal. (ilo)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment