Home Berita Unhas Terlibat Pengembangan Diversifikasi Pangan Lestari Kementerian Pertanian

Unhas Terlibat Pengembangan Diversifikasi Pangan Lestari Kementerian Pertanian

by ilham

KELASTER.COM, JAKARTA – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melalui Fakultas Pertanian menjadi salah satu dari enam Perguruan Tinggi yang terlibat dalam pengembangan diversifikasi pangan lokal dan pendampingan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Keterlibatan ini diimplementasikan dalam bentuk penandatanganan kerja sama antara Badan Ketahanan Pangan (BKP) dengan enam Perguruan Tinggi yang terlibat termasuk Unhas.

“Iya, kegiatan penandatanganan berlangsung di Auditorium Gedung D Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan 4 Agustus kemarin,” kata Dekan Fakultas Pertanian Unhas, Prof. Dr.Sc.Agr. Ir. Baharuddin, Senin (10/8/2020).

Dia menjelaskan keterlibatan ini dalam bentuk pendampingan dan bimbingan kepada 126 kelompok P2L yang tersebar di 21 Kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Fokus pendampingannya pada penguatan aspek kelembagaan, budidaya, pemberdayaan masyarakat, manajemen kelompok dan pemasaran.

Konsep P2L bermanfaat dalam meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan rumah tangga. Selain itu, juga berdampak pada peningkatan pendapatan rumah tangga, meningkatkan kualitas konsumsi masyarakat sekaligus mendukung program nasional penurunan stunting.

“Untuk tahun 2020 kegiatan akan berlangsung selama empat bulan mulai September-Desember 2020. Saat ini, kami sedang menyeleksi mahasiswa maupun alumni baru berbasis kedekatan lokasi untuk bersama sama melakukan pendampingan pada masyarakat,” jelas Prof Baharuddin.

Pada masa pandemi, P2L menjadi salah satu solusi untuk ketersediaan pangan masyarakat ditingkat rumah tangga. Sehingga, pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga dapat terpenuhi dengan memanfaatkan lahan pekarangan sebagai lokasi tanam.

“Dengan keterlibatan Perguruan Tinggi, tentu ada harapan besar yang ingin dicapai. Salah satunya semakin memperkuat diversifikasi pangan lokal khususnya pada program pekarangan pangan lestari yang dikelola rumah tangga. Apalagi, mengingat Perguruan Tinggi memiliki teknologi dan inovasi yang tentunya harus di terapkan dalam kehidupan bermasyarakat,” jelas Prof Bahar.

Guna mencapai tujuan penyelenggaraan P2L, dilakukan pemberdayaan kelompok masyarakat melalui pengembangan rumah bibit, demplot, pertanaman, pasca panen dan pemasaran. (ilo)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment