Home Berita Aksi Solidaritas FMIPA Unhas Salurkan Bantuan Logistik Untuk Sulawesi Barat

Aksi Solidaritas FMIPA Unhas Salurkan Bantuan Logistik Untuk Sulawesi Barat

by Saleh

KELASTER.COM,MAKASSAR – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin melalui Kelompok Pecinta Alam (KPA) Omega Departemen Geofisika yang bekerja sama dengan Ikatan Alumni Geofisika, menyalurkan bantuan logistik kepada warga terdampak bencana gempa yang melanda Provinsi Sulawesi Barat pada Kamis (14/01).

Pada kesempatan wawancara, Selasa (19/01), Dekan FMIPA Unhas, Dr. Eng. Amiruddin, M.Si., menjelaskan bahwa penyaluran bantuan ini merupakan bentuk solidaritas dan kontribusi kampus terhadap situasi yang dialami masyarakat di Sulawesi Barat. Apalagi, FMIPA merupakan rumpun ilmu yang erat kaitannya dengan alam. Bahkan, isu alam sekitar menjadi objek kajian ilmu dasar alam sebagai bagian dari visi Benua Maritim Indonesia.

“Di FMIPA terdapat beberapa bidang ilmu. Yang khusus untuk kajian kebencanaan adalah Geofisika. Sivitas akademika kita terjun langsung ke lokasi bencana membawa bantuan sekaligus menjadi relawan untuk kegiatan kemanusiaan pasca bencana. Selain itu, IKA Biologi FMIPA Unhas sudah lebih dulu menyalurkan bantuan, dan rencananya dalam waktu dekat akan dikirim bantuan tahap dua lagi,” jelas Amiruddin.

Bantuan tahap pertama meliputi logistik berupa sembako, perlengkapan bayi, dan beberapa kebutuhan dasar lainnya. Dalam waktu dekat FMIPA bersama Human Initiative juga akan kembali melakukan gerakan kemanusian dengan membuka program donasi. Aksi solidaritas ini bertujuan mengajak partisipasi masyarakat luas untuk terlibat dalam upaya meringankan beban masyarakat terdampak.

Amiruddin berharap, kertlibatan ini akan menguatkan peran Unhas sebagai humaniversity. Selain itu, akan membawa pengaruh positif bagi warga terdampak bencana agar tetap semangat dan mampu beraktifitas seperti sediakala.(ilo)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment