Home Berita Assesmen ke-197, AUN-QA Laksanakan Penilaian Kualitas Untuk 4 Prodi Unhas

Assesmen ke-197, AUN-QA Laksanakan Penilaian Kualitas Untuk 4 Prodi Unhas

by Saleh

KELASTER.COM,MAKASSAR – ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) melaksanakan visitasi dalam rangka assesment terhadap empat program studi dari tiga Fakultas di Universitas Hasanuddin. Assesment ini merupakan kegiatan ke-197 yang diselenggarakan oleh AUN-QA.

Pembukaan kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Senat Akademik Unhas, Lt. 2 Gedung Rektorat Unhas dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (01/02).

Turut hadir Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., Ketua Senat Akademik Unhas, Dewan Professor, perwakilan Majelis Wali Amanat (MWA), para wakil rektor dan direktur serta dekan di lingkup Unhas.

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan rasa senang atas proses assesmen ini. Meskipun pelaksanaan berlangsung virtual, namun beliau menyakini prosedur hingga kualitas penilaian akan sama atau bahkan lebih baik dari proses offline seperti sebelumnya.

KLIK DIBAWAH UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT

http://https://panel.niagahoster.co.id/ref/336719?r=hosting-murah

Lebih lanjut, Prof Dwia menuturkan proses akreditasi merupakan bagian dari komitmen peningkatan kualitas yang berkelanjutan dan menjadi semangat tersendiri bagi Unhas. Penilaian kualitas berskala internasional sejalan dengan tujuan strategis Unhas untuk mendapatkan pengakuan internasional.

“Unhas terus mendorong dan memberdayakan semua prodi untuk mendapatkan pengakuan internasional melalui program pengembangan seperti kelas internasional, pertukaran mahasiswa dan staf, penelitian dan publikasi bersama hingga akreditasi internasional,” jelas Prof Dwia.

Mewakili pihak AUN-QA, Prof. Dr. Wyona C. Patalinghug (De La Salle University) sebagai kepala assesor dalam sambutannya juga menyampaikan terjadi perubahan proses assesmen sejalan dengan pandemi Covid-19. Sehingga, awalnya dijadwalkan pada September 2020 lalu namun mengalami perubahan jadwal dan mekanisme assesment secara online.

Prof Wyona juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Unhas yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan dalam melakukan assesmen. Meskipun dilaksanan secara online, akan tetapi rangkaian kegiatan sesuai dengan prosedur untuk menjamin kualitas proses.

Sebanyak empat prodi yakni prodi S1 Manajemen Sumber Daya Perairan (Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan), Prodi Bahasa Arab (Fakultas Ilmu Budaya), Prodi Ilmu Politik dan Prodi Administrasi Publik (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) akan menjalankan proses assesment yang dijadwalkan berlangsung hingga Jumat (05/02).

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 10 delegasi AUN-QA terdiri atas:

1. Prof. Dr. Wyona C. Patalinghug (Chief Assessor)
2. Assoc. Prof. Dr. Tan Kay Chuan (Assessor Team),
3. Dr. Maria Elissa J. Lao (Assessor Team),
4. Prof. Wan Ahmad Kamil Mahmood, Ph.D (Assessor Team),
5. Prof. John Donnie A. Ramos (Assessor Team),
6. Prof. Dr. Sany Sanuri bin Mohm Mokhtar (Assessor Team),
7. Dr. Nguyen Huy Phuc (Assesor Team),
8. Asst. Prof. Dr. Thasaneeya Ratanaroutai (Assesor Team),
9. Ms. Banjong Ujjin (Aun-QA Secretariat) dan
10. Ms. Saruda Moolwong (Aun-QA Secretariat).

Pelaksanaan pembukaan assesment ke-197 AUN-QA berlangsung lancar hingga pukul 09.30 Wita dan dilanjutkan dengan proses assesmen pada masing-masing prodi yang terlibat.

About The Author

Related Articles

Leave a Comment