Home Berita Dewan Soroti ‘Rangkap’ Jabatan di Parepare, Yasser Latief: Itu Artinya Tidak Taat Azas

Dewan Soroti ‘Rangkap’ Jabatan di Parepare, Yasser Latief: Itu Artinya Tidak Taat Azas

by ilham

KELASTER.COM, PAREPARE – Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kota Parepare, Yasser Latief, menyoroti banyaknya jabatan Kepala SKPD di lingkup Pemkot Parepare yang dijabat Pelaksana tugas (Plt).

Fenomena ini justru beberapa tahun terakhir berlangsung. Ironinya, mutasi pejabat yang hampir setiap tahun dirotasi, bukannya jabatan Plt didefenitifkan, melainkan pejabat Plt yang bergeser justru posisinya digantikan lagi oleh pejabat Plt.

Menurutnya, dengan banyaknya pejabat yang ‘merangkap’ atau memegang dua sampai tiga jabatan penting di instansi yang berbeda, sangat berdampak pada sistem birokrasi, khusunya pelayanan.

Dia menilai, tiga taat yang kerap disuarakan dalam sambutan Wali Kota Parepare Taufan Pawe di beberapa kesempatan, yakni taat azas, taat administrasi dan taat penganggaran, terkesan tidak selaras dengan kondisi yang ada.

“Itu artinya tidak taat azas (banyaknya pejabat Plt). Ini menjadi tantangan bagi Wali Kota (Taufan Pawe) untuk lebih fokus mengkonsolidasikan kabinetnya. Tidak mungkin kita kekurangan orang atau kader. Tetapi apakah kita mau menggunakan SDM yang ada atau tidak,” kritik Yasser, Rabu (18/11/2020).

Olehnya itu, lanjut dia, tidak boleh ada alasan untuk membiarkan masalah Plt ini tidak terselesaikan.

“Pokoknya, tidak boleh ada alasan untuk membiarkan masalah Plt ini tidak terselesaikan. Bukan membiarkan berlarut-larut. Saya yakin pak wali punya manajerial yang tidak diragukan, tentu ini masalah kecil yang bisa dituntaskan secepatnya,” pungkasnya.

Berikut jabatan Kepala SKPD lingkup Pemkot Parepare yang dijabat Plt antara lain, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A).

Selanjutnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Sekretaris DPRD, Kepala BKPSDM, dan Kepala KesbangPol. Direktur RS Hasri Ainun Habibie juga dijabat Plt, ada juga Plt staf ahli.

Baru-baru ini, Wali Kota Parepare kembali melakukan pelantikan pejabat. Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Parepare, Suriani dilantik sebagai Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Parepare, masa jabatan 2020-2024. Suriani juga ditunjuk menjadi Plt Kepala Disdukcapil Parepare.

Wali Kota juga menunjuk Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Parepare, Rahmawati menjadi Plt Kepala Dinas Kesehatan. Jabatan Kadis Kesehatan sebelumnya juga dijabat Plt. (*)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment