Home Berita FKep Unhas Gelar Simulasi Penanganan Bencana dan Penggunaan APAR

FKep Unhas Gelar Simulasi Penanganan Bencana dan Penggunaan APAR

by Administrator

KELASTER.COM,MAKASSAR,Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan simulasi penanganan bencana kebakaran dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita di Pelataran Gedung Baru FKep Unhas dengan penerapan protokol Covid-19 secara ketat, Kamis (25/02).

Dekan FKep Unhas, Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si., menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda tahunan dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan sekaligus mengoptimalkan kemampuan sivitas akademika FKep ketika menghadapi situasi tidak terduga.

“Kesempatan ini dimanfaatkan untuk berlatih memadamkan api dengan APAR. Ini tiap tahun diprogramkan sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan FKep baik dosen, tendik maupun mahasiswa, jika sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran. Kita harapkan ketika menghadapi bahaya sesungguhnya, penanganan yang cepat dan tepat dapat dilakukan,” jelas Dr. Arianti.

Sebelum melakukan kegiatan ini, terlebih dahulu dilakukan analisa oleh tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) terkait potensi bahaya pada gedung baru FKep. Hal ini merupakan bentuk antisipasi awal. Dengan mengetahui potensi resiko, dapat memberikan rasa tenang dan nyaman kepada seluruh unsur sivitas akademika lingkup FKep.

Dari hasil analisa tersebut, selain penyedian APAR juga direkomendasikan untuk menambahkan jalur evakuasi hingga pembuatan tangga darurat.

Bangunan gedung lama FKep juga sudah dilakukan hal serupa dengan memperhatikan unsur K3. Dengan harapan dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan, yang berdampak pada produktivitas kerja seluruh unsur di FKep dalam melakukan aktivitas.

“Untuk tahun ini, FKep pertama yang melakukan simulasi dari fakultas di Unhas. FKep sudah terakreditasi Internasional, dimana standar K3 ini menjadi salah satu yang direkomendasikan. Apalagi tahun ini kami akan buka kelas internasional dan peserta didik dari luar Indonesia akan bergabung bersama kami,” sambung Dr. Ariyanti.

Setelah memberikan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan pengarahan penggunaan APAR oleh Tim K3 dan dilanjutkan simulasi penanganan kebakaran yang diikuti oleh unsur dosen, tendik dan mahasiswa FKep Unhas.(rls/ilo)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment