Home Berita Rumah Jurnal Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar Mengadakan Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Rumah Jurnal Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar Mengadakan Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah

by Saleh

KELASTER.COM,MAKASSAR – Pada hari ini, Jumat 23 April 2021 pukul 13.00 WITA, bertempat di Asera Guest House Makassar, Rumah Jurnal Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar mengadakan Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah dengan Tema “Penguatan Jurnal Melalui Peningkatan Profesionalisme Editor”. Workshop yang dibuka oleh Wakil Dekan bidang akademik Fakultas Adab dan Humaniora, bapak Dr. Andi Ibrahim, M.Pd., ini menghadirkan peserta sebanyak 70 orang baik secara daring maupun luring, peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa UIN Alauddin Makassar, serta para editor dari kampus lain.

Narasumber pertama Akbar Haseng, S.Th.I, M.Th.I mengatakan bahwa editor adalah Qalbu atau hati dari sebuah jurnal. Seorang editor sangat berperan penting dalam proses review sebuah artikel hingga proses publikasi. Editor bertugas menentukan reviewer yang sesuai dan cocok untuk mereview sebuah artikel termasuk melihat novelty atau kebaruan dari sebuah artikel. Akbar Haseng adalah managing editor dari jurnal Langkawi di IAIN Kendari. Narasumber yang kedua adalah Dr. Zaenal Abidin, S.S, M.H.I beliau adalah Direktur Rumah Jurnal FAH UIN Alauddin Makassar. Dalam memaparkan materi, Zaenal Abidin menjelaskan lebih kepada masalah teknis seorang editor dalam menerima artikel yang masuk dalam sebuah jurnal. Seorang editor haruslah bekerja secara profesional dalam menentukan sebuah artikel yang akan diproses dengan mempertimbangkan aspek kebaruan dari penelitian dalam artikel tersebut, termasuk terpenuhinya syarat-syarat penerbitan dalam panduan penulisan artikel. Kegiatan ini dipandu oleh Nasrum, S.Pd, M.A yang juga Managing Editor dari Jurnal Adabiyah di FAH UIN Alauddin Makassar.


Workshop ini kemudian ditutup oleh bapak Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Dr. Hasyim Haddade, M.Ag. Dalam menutup acara bapak Dekan memberi apresiasi yang tinggi kepada panitia dan peserta workshop dengan tetap memberi ruang dan anggaran pada kegiatan-kegiatan penguatan jurnal berikutnya. Kegiatan ini diakhiri dengan buka puasa bersama untuk menjalin silaturahim antar para pengelola jurnal, dosen, serta editor demi meningkatkan kualitas jurnal Fakultas Adab dan Humaniora kedepannya.(ilo/aryana)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment