Home Berita Tim Bantuan Medis Calcaneus Unhas Salurkan Alat Kesehatan di Tujuh Kabupaten

Tim Bantuan Medis Calcaneus Unhas Salurkan Alat Kesehatan di Tujuh Kabupaten

by Administrator

KELASTER.COM.MAKASSAR – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-28, Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) dan alat kesehatan lainnya. Bantuan tersebut diberikan kepada 28 Puskesmas yang tersebar pada tujuh kabupaten di Sulawesi Selatan. Kegiatan yang bertajuk “Ekspedisi Sulawesi Selatan” tersebut berlangsung pada Kamis – Minggu (01-04/10).

Melalui wawancara pada Senin (05/10), Ketua TBM Calcaneus FK Unhas, Syahrul menjelaskan kegiatan tersebut secara rutin selalu diperingati dengan konsep berbeda setiap tahunnya. Sejalan dengan pandemi Covid-19, dimana jumlah penderita secara statistik cenderung meningkat dan sesuai hasil survey dan analisis data bahwa hampir 55% pasien covid Sulawesi Selatan identifikasi awal melalu screening di layanan primer.

“Tujuan utamanya tentu menjalin silatuhrahmi dengan layanan primer sekaligus memberikan bantuan donasi dalam bentuk APD dan alat kesehatan. Kabupaten yang kami tuju yakni Bulukumba, Sinjai, Bone, Wajo, Sidrap, Barru dan Pangkep yang memiliki angka statistik kejadian sesuai informasi dan hasil survey terkait keadaan puskesmas dalam menghadapi Covid-19, sekaligus didukung lokasi yang berurutan,” jelas Syahrul.

Lebih lanjut, Syahrul menambahkan donasi APD dan alat kesehatan tersebut bersumber dari dana organisasi, dana Kemahasiswaan FK Unhas dan donasi dari masyarakat. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan APD dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terlibat secara aktif mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FK Unhas, dr. Firdaus Hamid, Ph.D., memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa FK Unhas. Menurut beliau, citra mahasiswa sebagai suara masyarakat sangat terlihat dalam kinerja ekspedisi Sulawesi Selatan yang diselenggaralan oleh TBM Calcaneus.

“Ini juga sekaligus menjadi akutualisasi nilai tridharma perguruan tinggi, dan menjadi bukti nyata bahwa kepedulian harus di bangun bersama,” kata Firdaus.(*/mir

About The Author

Related Articles

Leave a Comment