Rabu, Februari 28, 2024
Beranda Berita Unhas Sambut 6.915 Mahasiswa Baru Melalui Prosesi Secara Virtual

Unhas Sambut 6.915 Mahasiswa Baru Melalui Prosesi Secara Virtual

  • *Unhas Sambut 6.915 Mahasiswa Baru Melalui Prosesi Secara Virtual*

Universitas Hasanuddin menyelenggarakan upacara Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) Tahun Akademik 2021/2022. Sebanyak 6.915 mahasiswa baru mengikuti kegiatan yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal YouTube Unhas, Senin (09/08).

Prosesi penerimaan mahasiswa baru tersebut dihadiri oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., para wakil Rektor, anggota Majelis Wali Amanat, Senat Akademik dan jajaran dekan di lingkup Unhas.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru yang berhasil menjadi bagian dari keluarga besar Unhas. Meskipun dalam situasi pandemi, namun Unhas tetap memberikan upaya maksimal untuk menyambut para mahasiswa baru.

Lebih lanjut, Prof. Arsunan juga memberikan gambaran beberapa tahapan penyambutan mahasiswa baru. Setelah penyambutan ditingkat Universitas, selanjutnya akan dilakukan pada tingkat Fakultas dan Prodi untuk lebih memperkenalkan mahasiswa baru tentang Unhas secara menyeluruh.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., juga menyambut baik mahasiswa baru Unhas. Dirinya mengatakan, menjadi suatu keberuntungan bisa bergabung di universitas yang memiliki reputasi, baik secara nasional maupun internasional.

Lebih lanjut, Prof. Dwia mengatakan jumlah peminat Unhas melalui jalur SNMPTN sebanyak 28.906 orang, dan yang diterima sebanyak 1.760 orang atau sebesar 6,0%. Sedangkan jumlah peminat melalui jalur SBMPTN sebanyak 24.296 orang, dan yang diterima sebanyak 4.623 orang atau 19,0%.

Jalur Mandin JNS dan POSK diterima sebanyak 1.222 dari 3.607 orang pendaftar (33.8%). Selain itu Unhas juga menerima Jalur Mandiri dalam bentuk Undergraduate International Program/Kelas Internasional, jalur kepemimpinan (Ketua OSIS) serta program Adik Papua dan Afirmasi Daerah 3T.

Untuk Pendidikan Vokasi, Unhas menerima mahasiswa Program Sarjana Terapan pada Unhas multikampus di 3 Kabupaten yaitu Sidrap, Soppeng dan Selayar baik melalui Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri.

- Advertisement -

“Kalian adalah insan-insan yang terpilih. Bersaing dan mengalahkan 56.809 orang yang memilih Unhas sebagai tempat melanjutkan pendidikan. Kalian bagian dari 11.18% manusia petarung, menjadi Hasanuddin muda pewaris ilmu dan kebajikan masa depan. Pilihan yang sangat tepat bergabung di Unhas, salah satu kampus terbaik di Indonesia dengan reputasi internasional,” jelas Prof. Dwia.

Untuk meningkatkan rasa bangga para mahasiswa baru, Prof. Dwia juga memberikan gambaran berbagai capaian Unhas baik nasional maupun internasional. Pada pemeringkatan dunia Times Higher Education (THE) Impact Ranking SDG’s Unhas berada pada peringkat 79 dunia, 10 Asia dan 2 Indonesia.

Pemeringkatan dunia yang lain Quaquarelli Symonds (QS) World University Ranking, Unhas ada di rangking 1001-1200 dunia, 294-367 Asia dan 8-12 Indonesia. Untuk QS Asia University Rangking (AUR), Unhas di peringkat 351-400 Asia, 61 Asean dan 11 Indonesia). Sementara pada perangkingan khusus riset penelitian yaitu pada Scimago Institutions Rangking, Unhas berada pada peringkat 695 dunia, 230 Asia dan 3 Indonesia. Di level nasional, berada pada peringkat 7 sebagai Perguruan Tinggi terbaik Indonesia.

“Kami berharap, kalian dapat aturan yang berlaku di Unhas, melaksanakan kewajiban dan tetap menjaga nama baik institusi. Peraturan bukan hanya berlaku pada para mahasiswa, kamipun juga diikat oleh aturan. Olehnya itu, setiap kebijakan yang berlaku sekiranya dapat ditaati secara baik. Kami bangga menerima kalian sebagai bagian dari Unhas, tetap jaga semangat dan selamat telah menjadi bagian dari kampus merah,” tutup Prof. Dwia.(rls/ilo)

About The Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Postingan Populer

Pemkot Serahkan Rancangan Awal RPJPD 2025-2045 ke DPRD Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE - Pemkot Parepare menyerahkan rancangan awal rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 ke DPRD. Penyerahan itu dilakukan melalui rapat paripurna...

FKPPM Gelar Milad dan Pengukuhan, Pj Wali Kota Akbar Ali Ajak Pengurus Bersinergi dengan Pemkot Parepare

KELASTER.COM, PAREPARE - Forum Kominikasi Putra Putri Mandar (FKPPM) menggelar acara Milad ke-6 Tahun. Acara dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus FKPPM periode 2024-2027, dan peringatan Isra...

WASPADA Akun PJ Walikota Parepare Di Retas

KELASTER.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kominfo Kota Parepare mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak cepat terpengaruh dengan adanya akun akun yang...

PJ Walikota Makassar Ikut Sambut Kuker Presiden Jokowi Di Makassar

KELASTER.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali ikut menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo di Kota Makassar, Kamis 22 Februari 2024. Akbar bersama sejumlah...

Komisi I DPRD Parepare Kunjungi Bawaslu dan KPU Cek Polemik PSU di Dapil I Bacukiki Barat

KELASTER.COM,PAREPARE – Menindaklanjuti polemik terkait hasil pemilu di daerah pemilihan I Bacukiki Barat, yang berujung pada Pemilu Suara Ulang (Psu). Ketua Komisi I DPRD...

List Komentar