Home Berita 12 Tim Unhas lolos PIMNAS 2022

12 Tim Unhas lolos PIMNAS 2022

by Saleh

Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) telah ditetapkan. Berdasarkan surat pengumuman nomor 0887/J7.1/PN.00/2022 tertanggal 15 Oktober 2022, sebanyak 12 tim dari Universitas Hasanuddin berhasil menjadi peserta PIMNAS 2022. Universitas Hasanuddin berhasil menjadi Universitas peringkat ke-6 dalam perolehan jumlah tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos PIMNAS. Ini menjadikan Universitas Hasanuddin satu-satunya Universitas di luar pulau Jawa yang masuk dalam ranking 6 besar peserta PIMNAS.

PKM sendiri adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM ini diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia sebagai wadah dalam
memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Rangkaian Kompetisi PKM diawali dengan pengajuan proposal. Proposal PKM dibuat berdasarkan skim yang telah ditentukan, dan mengikuti format yang ada dalam pedoman. Proposal-proposal ini kemudian melalui beberapa seleksi untuk dinyatakan lolos mendapat pendanaan. Tim yang mendapatkan pendanaan kemudian melaksanakan program yang telah diajukan, selanjutnya melalui tahap Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) yang akan bermuara di ajang PIMNAS.

Wakil rektor bidang akademik dan kemahasiswaan, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes.,Sp.BM(K) Menyampaikan ucapan selamat kepada tim yang lolos PIMNAS “Pencapaian ini adalah kerja bersama semua pihak, mulai dari tim PKM, dosen pendamping, Fakultas, POKJA PKM, dan Bidang Kemahasiswaan” tuturnya.

Universitas Hasanuddin sudah memiliki track record yang baik di PIMNAS. Beberapa tahun terakhir, Universitas Hasanuddin selalu berhasil memiliki tempat di 10 besar nasional. PIMNAS 2022 rencananya akan diadakan bulan Desember di Malang. Setiap tim akan mempresentasikan program dan menampilkan poster yang menjadi visualisasi dari program yang dijalankan. Presentasi dan poster akan dinilai oleh juri-juri PIMNAS untuk menentukan perolehan medali nantinya.

Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir, Abdullah Sanusi, SE., MBA, Ph.D. menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya dalam pencapaian ini. “Tahun ini dan tahun kedepannya, Universitas Hasanuddin diharapkan mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi. 12 tim sudah berhasil lolos ke PIMNAS, mudah-mudahan masing-masing pulang membawa medali.” harapnya.(*rilis/kmh/sra/ari/ILO)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment