Sabtu, Desember 4, 2021
Beranda Berita Dies Natalis ke-60 FT Unhas, Menteri Pertanian Bawakan Orasi Ilmiah

Dies Natalis ke-60 FT Unhas, Menteri Pertanian Bawakan Orasi Ilmiah

KELASTER.COM.MAKASSAR – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.H., menyampaikan orasi ilmiah pada acara puncak penyelenggaraan Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Kegiatan berlangsung pukul 09.30 Wita di Gedung JK Center of Technology dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Acara juga terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtobe Kemahasiswaan FT Unhas, Selasa (20/10).

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan apresiasi terhadap capaian yang diperoleh FT Unhas. Diusia sekarang, Prof Dwia berharap semakin meningkatkan kualitas FT dalam memberikana layanan mutu pendidikan.

Lebih lanjut, Prof Dwia juga mengapresiasi atas kinerja dan perhatian Menteri Pertanian dalam memajukan teknologi serta mendorong para enjiner ambil bagian memajukan pertanian berbasis teknologi modern.

“Kehadiran Pak Menteri dapat memacu kami di Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian untuk terus melahirkan inovasi teknologi yang bukan hanya diaplikasi dalam dunia industri, namun juga bagi petani,” jelas Prof Dwia.

Unhas mengoptimalkan inovasi dan kebermanfaatan Ipteks untuk mendukung program strategi nasional. Selain itu, Unhas juga berupaya selalu hadir dan menjadi garda terdepan dalam setiap permasalahan bangsa.

Untuk mendukung hal tersebut, konsep Unhas sebagai humaniversity hadir sebagai wujud sumbangsih sivitas akademika agar lebih dekat membantu masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam orasi ilmiahnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan pentingnya kolaborasi pemerintah dengan perguruan tinggi, khususnya bidang teknik. Kolaborasi ini dibutuhkan dalam menkosolidasikan teknologi pertanian yang maju, mandiri dan modern. Pembangunan pertanian ke depan tidak boleh pada penggunaan teknologi yang stagnan, namun harus menerapkan pertanian digital, artificial intelligence, robotic construction, dan internet of things.

“Saya minta kepada para Dirjen untuk bersinergi dengan Fakultas Teknik Unhas dalam membantu pembangunan laboratorium agar mampu menghasilkan teknologi, bibit unggul dan alat mesin pertanian modern,” jelas Syahrul.

Lebih lanjut, Syahrul berharap Fakultas Teknis Unhas dapat mengambil andil terdepan dalam bidang riset dan teknologi untuk kemajuan pertanian yang tangguh dalam menghadapi tantangan dan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kontribusi sektor pertanian dalam menyelamatkan perekonomian nasional di era pandemi Covid-19 sangat membanggakan. PDB sektor pertanian merupakan yang tertinggi dan satu-satunya yang selamatkan PDB nasional, begitu juga ekspor pertanian naik dan daya beli pun naik,” lanjut Syahrul.

Melansir data BPS peran sektor pertanian terhadap total PDB mencapai 14% dan menyediakan lapangan kerja bagi hampir separuh total penduduk. Peningkatan pertumbuhan PDB sektor pertanian pada kuartal II 2020 ini capaian 16,24% dibandingkan kuartal sebelumnya.

“Harus dicatat bahwa riset apapun yang dimiliki sebuah negara dan daerah tanpa teknologi, maka dipastikan tersendat-sendat untuk berkembang lebih cepat. Dan cerita pertanian hari ini, sehebat apapun capaian yang diraih, tak akan mampu berbuat lebih maju ke depan tanpa adanya teknologi. Untuk itu, Fakultas Teknik ini menjadi penting dan bersinergi memajukan pertanian,” tutup Syahrul.(*/mir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Postingan Populer

Bappeda Terus Dukung Program Pengembangan Kota Hijau Parepare

PAREPARE -- Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional di Kota Parepare, Rabu, 1 Desember 2021, diperingati secara kolaboratif oleh Pemkot Parepare...

Wisata Permandian Bacukiki Ditutup Usai Telan Tiga Korban

KELASTER.COM, PAREPARE -- Wisata permandian Embung Marilaleng dan sungai Bilalang'e Ditutup. Langkah ini diambil Pemerintah Kota Parepare Kecamatan Bacukiki, pasca kedua wisata permandian ini...

22 Calon Dewan Pendidikan Kota Parepare Jalani Seleksi Uji Kepatutan

KELASTER.COM, PAREPARE -- Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, 22 peserta calon pengurus Dewan Pendidikan Kota Parepare periode 2021-2025, mengikuti tahap uji kepatutan dan kelayakan,...

Aksi Peduli Lingkungan, FKH Parepare Tanam Ratusan Pohon di Kawasan Padat Penduduk

KELASTER.COM, PAREPARE -- Ratusan pohon pucuk merah akan menghiasi sekaligus meneduhkan kawasan padat penduduk di Kota Parepare. Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Parepare bersa pemerintah...

IKAFE SIAP SUKSESKAN MUBES IKA UNHAS

Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (Ikafe) Unhas, menyatakan kesiapan untuk menyukseskan Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni Unhas yang akan diadakan dalam waktu dekat. "Sebagai pemegang...

List Komentar