Home Berita Fakultas Hukum Pelaksana Gerakan Unhas Mengaji dan Sholat Berjamaah

Fakultas Hukum Pelaksana Gerakan Unhas Mengaji dan Sholat Berjamaah

by Saleh

KELASTER.COM.MAKASSR – Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Gerakan Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB). Agenda rutin setiap pekan ini berlangsung pukul 16.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (20/10).

Dalam pelaksanaannya, Panitia GUMSB mendelegasikan kepada setiap fakultas untuk menjadi penyelenggara secara bergiliran. Pada kesempatan pekan ini, Fakultas Hukum (FH) memperoleh amanah sebagai panitia.

Dekan FH Unhas, Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum., menyampaikan terima kasih atas antusias peserta melalui zoom. Gerakan yang digagas oleh pimpinan Universitas bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlaq. Diharapkan sivitas akademika Unhas tidak hanya cerdas secara intelektual, namun memiliki kecerdasan emosional dan spiritual.

“Kami diberikan amanah dan tentunya berterima kasih atas kepercayaan tersebut. Saya kemudian koordinasi dengan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaa untuk mengajak seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Unhas untuk bergabung,” jelas Prof Farida.

Gerakan Unhas Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB) merupakan kegiatan yang telah berlangsung sejak tiga tahun lalu. Sejak masa pandemi Covid-19, kegiatan sempat terhenti, dan kemudian dilanjutkan kembali secara virtual.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengaji bersama melanjutkan Quran Surah Ar-Ra’du yang sebelumnya telah dibacakan bersama pada GUMSB pekan lalu. Setelahnya dilanjutkan dengan mendengarkan tausiah dari Ust. Ahmad Mujahid yang membahas tentang “Hidup Bersama Al-Quran dan/atau Tanpa Al-Quran (Gerakan Hadap Diri dan/atau Tolak Diri)”.

Meskipun berlangsung secara virtual, para peserta tetap terlibat secara aktif mengaji bersama dan mengajukan diri untuk memperbaiki bacaan Quran mereka.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., memberi apresiasi kepada penyelenggara yang menghadirkan ruang untuk menambah pemahaman ilmu sekaligus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah.

“Ditengah pandemi, jangan hanya membahas imunitas tubuh, tapi imunitas keimanan dan ketaqwaan juga perlu untuk ditingkatkan. Covid-19 ini ada hikmahnya untuk semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT, semakin banyak waktu kita untuk Allah dan ini harus benar-benar dimanfaatkan,” jelas Prof Dwia.

Kegiatan yang dipandu oleh Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si., (Penanggung jawab GUMSB) selaku moderator dan diikuti kurang lebih 800 peserta berlangsung lancar hingga pukul 17.45 Wita.(*/mir/ILO)

About The Author

Related Articles

Leave a Comment