Home Berita Pasca Kejadian Plumpang, DPRD Parepare Kunjungan Kerja ke Depo Pertamina Parepare

Pasca Kejadian Plumpang, DPRD Parepare Kunjungan Kerja ke Depo Pertamina Parepare

by Saleh

PAREPARE , KELASTER.COM — Menindaklanjuti kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang menuai keprihatinan sejumlah pihak. Pimpinan dan anggota DPRD di Kota Parepare, khususnya komisi III. Hal tersebut karena letak dan keberadaan Depo Pertamina Parepare ada kemiripan dengan keberadaan Depo Pertamina Plumpang yang sama sama berada pada pemukiman padat penduduk.

Hal tersebut menjadi kekhawatiran ketua dan anggota DPRD Kota Parepare. Kaharuddin Kadir pun berharap akan mendapatkan penjelasan secara detail dari Depo Pertamina Parepare, terutama SOP serta kondisi perpipaan yang dilalui bahan bakar minyak dari pelabuhan masuk ke lokasi penampungan.

“Kami berharap agar depo pertamina memberikan penjelasan terkait SOP dan kondisi perpipaannya,”harapnya.

Lanjut Kaharuddin Kadir, DPRD juga mempertanyakan terkait Safety dan memberikan edukasi kepada warga dalam hal mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Kami harap depo Pertamina dapat memberikan esukasi kepada warga sekitar, dan juga perlindungan dan advokasi.Mereka siap benteng penyelamatan bagi masyarakat sekitar yang berkaitan dengan keamanan yang perlu kita dengar dari mereka,”lanjut legislator Golkar tersebut.

Hal yang sama disampaikan oleh anggota DPRD Kota Parepare, Kamaluddin Kadir. Dirinya juga prihatin insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang. “Soal Depo Pertamina di Parepare sangat berdekatan dengan permukiman warga dan fasilitas umum, apalagi kami prihatin dengan kejadian Depo Plumpang. Sehingga Depo Pertamina Parepare sangat penting untuk menyampaikan secara terbuka SOP penanganan keselamatan,” harap legislator Gerindra ini.

Selain SOP, dirinya juga berharap pihak Depo Pertamina Parepare memberikan penjelasan kesiapsiagaan alat kebencanaan. “Begitu juga dengan dampak yang akan ditimbulkan,” katanya.

Ketua komisi 3, Ibrahim Suanda saat mendatangi Depo pertamina mengatakan bahwa DPRD mau mempertanyakan terkait stndar keamanan sudah memadai dan tidak membahayakan warga.

“Kami ke sini (Depo BBM Parepare) untuk memastikan apakah standar keselamatan mereka sudah memadai atau tidak. Dan dari pemaparan mereka melalui aerial video kami lihat itu semua sudah memenuhi standar hanya mereka harus lebih memperhatikan standar ini untuk jangka panjangnya,” beber Ibrahim Suanda, ketua komisi III DPRD Parepare, usai pertemuan dengan pihak depo Pertamina Parepare, Selasa (07/03/2023).

About The Author

Related Articles

Leave a Comment